SENIN, 19 SEPTEMBER 2016

BALIKPAPAN --- PLN wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara pastikan pemadaman listrik akan berkurang, apabila Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kariangau berkekuatan 2X110 Mega Watt beroperasi. Pasalnya, saat ini PT PLN Kaltimra sedang mempersiapkan operasional PLTU tersebut.


General Manager PT. PLN Kaltimra, Tohari Hadiat mengakui saat ini pasokan listtrik masih kurang, apalagi tengah dilakukan pemeliharaan mesin. Sehingga terpaksa dilakukan pemadaman bergiliran. Namun, apabila PLTU beroperasi, maka kebutuhan energi listrik akan tercukupi.

"Pemeliharaan mesin juga dilakukan, sehingga pemadaman terpaksa diberlakukan. Kalau PLTU sudah beroperasi Kaltim tidak akan kekurangan karena cadanganny banyak," ungkapnya di Balikpapan, Senin (19/9/2016).

Diketahui sistem Mahakam yang melayani wilayah Balikpapan-Samarinda, Kukar, Bontang, kemampuan daya masih pas-pasan yakni 433 Mega Watt dengan beban puncak 407 Mega Watt.

Dijelaskan Tohari, jika beroperasi maka akan menambah daya sistem Mahakam (Balikpapan-Samarinda, Kukar, Bontang) sehingga akan mengurangi pemadaman.

"Kalau itu bisa saja mengurangi durasi pemadaman mungkin sekitar 30 persen. Karena dari itu, padam karena kekurangan daya itu sekitar 30 persen juga. Bisa mengurangi itu," imbuhnya.

Sementara itu, pelanggan di Kaltim dan Kaltara didominasi pelanggan rumah tangga sebanyak 90 persen sisanya kalangan bisnis, industri dan perbengkelan.
[Ferry Cahyanti]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: