KAMIS, 8 SEPTEMBER 2016

BALI --- ‎Kepolisian Daerah (Polda) Bali‎ tengah memburu dua orang aktivis Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa (ForBALI). Kapolda Bali, Inspektur Jenderal Sugeng Priyanto menjelaskan, pertama ia tengah memburu seorang aktivis ForBALI dengan akun Twitter@banaspati2001. Melalui akun tersebut, aktivis ForBALI itu menulis kata-kata "Indonesia sudah mati!‎ Pancasila Was Dead!‎ Sembari memajang foto dirinya yang tengah hormat kepada bendera ForBALI.


"Lalu ia juga me-retweet tulisan akun@bali_merdeka yang menuliskan (ormas-ormas di Bali bersatulah membela Bali! Kelak kalianlah yg menjadi "tentara" bagi Bali)" papar Kapolda saat memberi keterangan resmi, Kamis 8 September 2016.

Menurut Kapolda, saat ini institusinya tengah melakukan penyelidikan siapa sesungguhnya pemilik akun @banaspati2001 tersebut. 

"Kita sedang lakukan penyelidikan. Kita ingin klarifikasi, apa maksudnya ia menulis begitu," tegas Sugeng.

Selain memburu pemilik akun @banaspati2001, Sugeng menyebut Polda Bali juga tengah memburu seorang aktivis ForBALI lainnya berinisial IMJA berkaitan dengan aksi penurunan Sang Saka Merah Putih saat aksi demonstrasi di Gedung DPRD Bali 25 Agustus lalu.

"Ia sudah kabur dari rumahnya. ia tidak berani. Melalui kesempatan ini saya menghimbau agar yang bersangkutan menyerahkan diri untuk mempermudah pemeriksaannya," tegas Kapolda.

Menurut Sugeng, jika dari hasil pemeriksaan dinyatakan tak bersalah, maka mekanisme lanjutan dari kepolisian adalah membebaskan IMJA dari tuntutan hukum. 

"Kalau tidak terbukti, tentu ada mekanismenya. Sekali lagi kami himbau agar ia mau menyerahkan diri," tutup Kapolda. 

Sebelumnya, Polda Bali telah menangkap dan menetapkan satu orang aktivis ForBALI, I Gusti Putu Dharmawijaya sebagai tersangka atas kasus penurunan bendera Merah Putih pada aksi 25 Agustus di Gedung DPRD Bali. Dharmawijaya dijerat dengan Pasal 24 dan Pasal 66 UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.
(Bobby Andalan)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: