KAMIS, 29 SEPTEMBER 2016

JAKARTA --- Pihak kepolisian gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat tampaknya benar-benar "all out" dalam mengamankan aksi unjuk rasa ribuan massa pekerja atau buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Se Jabodetabek yang rencananya akan dilaksanakan di sekitar Monumen Nasional (Monas) dan kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis siang (29/9/2016).

Kendaraan Panzer Barracuda siaga di  lokasi aksi unjuk rasa
Pantauan Cendana News langsung dari kawasan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, menjelang pukul 12:00 WIB, ribuan massa buruh pengunjuk rasa saat ini sedang dalam perjalanan dari kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, dari tempat kediaman mereka masing-masing menuju kawasan Monas dan Istana Negara, Jakarta Pusat.

Namun walaupun demikian ratusan personel anggota kepolisian tampak terlihat sudah bersiap sejak pagi di sekitar tempat-tempat obyek sasaran yang dijadikan sasaran aksi unjuk rasa. Beberapa lokasi yang akan dijadikan sasaran aksi unjuk rasa ribuan massa buruh antara lain Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), kawasan Istana Negara, Monas dan Gedung Mahkamah Agung (MA).

Ratusan aparat kepolisian gabungan sudah disiagakan sejak pagi
Sementara itu, untuk mengamankan lokasi sasaran aksi unjuk rasa, ratusan aparat kepolisian saat ini sudah disebar di beberapa titik-titik yang dianggap rawan terjadinya bentrokan antara massa pengunjuk rasa dengan warga masyarakat, misalnya di sekitar perempatan lampu merah dan kompleks-kompleks perkantoran dan instansi Pemerintah lainnya.

Tak hanya itu saja, aparat kepolisian gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pust rupanya juga sudah menyiagakan beberapa mobil untuk menghalau aksi massa  demontrasi apabila misalnya keadaan tidak terkendali, misalnya seperti kendaraan Water Canon atau penyemprot air dan kendaraan Panzer Barracuda.

Mobil Water Canon sudah disiapkan di lokasi aksi unjuk rasa
Kompol Widodo, Kanitlantas Polsek Gambir, Jakarta Pusat mengatakan "ratusan personel gabungan yang terdiri dari unsur Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas), Sabhara, Brimob dan Samapta sudah disiapkan di lokasi titik obyek sasaran aksi unjuk rasa sejak pagi, termasuk diantaranya kendaraan Water Canon dan kendaraan Panzer Barracuda, ya intinya sebenarnya hanya untuk berjaga-jaga saja sebagai antisipasi kalau misalnya ada kejadian atau hal-hal yang tidak diinginkan" katanya di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis siang (28/9/2016).
(Eko Sulestyono)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: