KAMIS 1 SEPTEMBER 2016

JAKARTA --- Mulai tanggal 1 September hingga 30 September 2016, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) mulai melakukan sosialisasi terkait dengan rencana penutupan perlintasan sebidang atau istilahnya pertemuan jalur rel kereta api dengan jalan raya. Kalau tidak ada perubahan, rencananya mulai tanggal 1 Oktober hingga 30 Oktober 2016, akan dilaksanakan ujicoba penutupan perlintasan sebidang di Jalan Letnan Jendral Soeprapto, dekat Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Spanduk pengumuman sosialisasi dan uji coba dipasang di halte Busway Budi Utomo, Jakarta Pusat
Pantauan Cendana News, salah satu spanduk pengumuman terkait dengan pelaksanaan uji coba penutupan tampak terlihat sudah terpasang di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Halte Busway Budi Utomo, Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta Pusat. Spanduk tersebut memang sengaja dipasang pada tempat-tempat strategis untuk memberikan informasi kepada warga masayarakat terkait dengan rencana uji coba penutupan perlintasan sebidang tersebut.

"Uji Coba Penutupan Perlintasan Kereta Api (KA) di Stasiun Pasar Senen Mulai  1 Oktober - 31 Oktober 2016, Silahkan Menggunakan Underpass atau Rute Alternatif" demikian bunyi tulisan spanduk yang dipasang di Halte Busway Budi Utomo, Jakarta Pusat.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi Cendana News pada Kamis pagi (1/9/2016) terkait dengan pengumuman tersebut, Bambang S. Prayitno sebagai Manager Humas Daerah Operasi (DAOP) 1 Jakarta, membenarkan adanya sosialisasi dan rencana uji coba penutupan perlintasan sebidang di Jalan Letnan Jendral Soeprapto, dekat dengan Stasiun Pasar Senen.

Bambang S. Prayitno mengatakan "mulai hari ini, Kamis tanggal 1 September hingga 30 September 2016, PT. KAI sedang melakukan sosialisasi baik melalui pemasangan pengumuman melalui spanduk maupun melalui media massa, tujuannya agar masyarakat luas mengetahui terkait dengan adanya rencana uji coba penutupan perlintasan sebidang di Jalan Letnan Jendral Soeprapto, lokasinya dekat dengan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat" katanya kepada Cendana News, Kamis pagi (1/9/2016).

Bambang S. Prayitno, Manager Humas PT. KAI DAOP 1 Jakarta
"Setelah sosialisasi selesai, maka mulai tanggal 1 Oktober hingga 30 Oktober 2016 rencananya akan mulai kita lakukan uji coba penutupan perlintasan sebidang di tempat yang sama, dengan demikian selama uji coba berlangsung, kendaraan umum dari arah Senen yang menuju Cempaka Putih, Jakarta Pusat atau sebaliknya, untuk sementara akan dilewatkan jalur bawah atau Underpass Senen, selain itu bisa juga menggunakan jalur alternatif lainnya" kata Bambang S. Prayitno, Manager Humas DAOP 1 Jakarta.

Bambang S. Prayitno juga menjelaskan bahwa tujuan utama daripada pelaksanaan uji coba penutupan perlintasan sebidang di Stasiun Jakarta Pasar Senen tersebut semata-mata demi keselamatan warga masyarakat itu sendiri, karena frekuensi lalu lintas (traffic) kedatangan maupun keberangkatan KA dari dan menuju Stasiun Pasar Senen semakin padat dan sangat tinggi.

Dalam sehari semalam atau 24 jam, Rata-rata KA yang melintas melaui  Stasiun Senen, baik datang maupun pergi tercatat setiap 3,25 menit sekali atau 20 perjalanan tiap 1 jam, bisa dibayangkan betapa seringnya palang pintu perlintasan KA dibuka dan ditutup. Selain mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas kendaraan bermotor akibat tingginya frekuensi perjalanan KA, maka resiko kemungkinan kecelakaan atau tertabrak KA juga semakin meningkat.
(Eko Sulestyono)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: