SELASA, 20 SEPTEMBER 2016

MANADO BERITA FOTO --- Puluhan kubik sampah di angkut oleh petugas dari "Kuala" Jengki (Sungai) yang berada di sekitar jembatan Megawati Kelurahan Sindulang Manado pada Selasa (20/9/2016). Sampah ini setiap hari menumpuk di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano yang terhubung langsung ke pantai Manado dan pulau Bunaken di sekitar pasar bersehati.

Menurut Steven, salah satu petugas pengangkut sampah, kegiatan bersih-bersih kuala atau kali merupakan program dari pemerintah daerah untuk menunjang pariwisata, apa lagi DAS Tondano yang berada di samping jembatan Megawati ini setiap hari dilewati oleh kapal dan perahu yang mengangkut penumpang dan wisatawan ke pulau Bunaken dan pulau-pulau lain yang menjadi salah satu tujuan wisata di Manado.

"Hari ini cukup banyak sampah yang diangkut dan kalau di perhatikan sampah ini banyak yang dibuang langsung oleh warga di sekitar sungai selain yang di bawah oleh arus dari anak sungai yang terhubung dengan kali mas di sekitar jembatan Megawati," katanya.

Fadli berharap sebagai petugas sampah kami mengingatkan masyarakat agar memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan, apa lagi di sekitar "Kuala Jengki" ini sudah masuk sebagai salah satu destinasi wisata yang akan dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai lokasi wisata sungai, sehingga harus steril dari sampah.
[Ishak Kusrant] 






Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: