KAMIS, 1 SEPTEMBER 2016

SOLO --- Puluhan polisi wanita (Polwan) di jajaran Polres Karanganyar melakukan kegiatan alam di Gunung Lawu. Mereka bahu membahu membersihkan sampah yang berada di sepanjang jalur pendakian yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dengan Jawa Timur.


Kegiatan peduli lingkungan puluhan Polwan Karanganyar ini dipimpin langsung oleh Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak. Dengan membawa karung, mereka bersama petugas yang lain membersihkan sampah non organic sisa dari pendaki yang meninggalkan di sekitar Gung Lawu tersebut.

“Sampah di sepanjang jalur pendakian ini kita pungut. Tadi kita juga menanam ratusan pohon agar alam di Gunung Lawu tetap lestari,”papar Kapolres pada awak media, Kamis sore (1/9/16).

Menurut Kapolres,  kegiatan cinta alam dan lingkungan ini sebagai puncak peringatan HUT Polwan ke 68, sekaligus menjelang HUT Bhayangkari. Dalam kegiatan cinta ala mini juga dilakukan penanaman ratusan bibit pohon di jalur pendakian Cemoro Kandang. 

“Kegiatan ini kita juga melibatkan relawan Anak Gunung Lawu (AGL) untuk membatu menunjukkan lokasi sampai pos 1,” terangnya.

Setidaknya perlu dua jam lebih dalam kegiatan cinta lingkungan di Gunung Lawu tersebut. Kegiatan yang meliputi memuti sampah dengan menyusuri jalur pendakian ini hingga membawa belasan karung sampah. Sementara untuk jenis pohon yang ditanam diantaranya 125 bibit jenis damar, kina, dan beringin.  

“Kita juga memasang slogan bertuliskan saran peduli alam di sejumlah titik,” imbh Kapolres.


Kapolres berharap, aksi cinta lingkungan dengan membersihkan sampah dan menanam pohon itu terus digalakkan. Hal ini sebagai langkah awal penyelamatan lingkungan terhadap pemanasan global. 

“Hutan yang merupakan paru-paru dunia ini harus kita dilestarikan. Kita gallakkan cinta lingkungan dan jangan membuang sampah sembarangan, karena dapat  merusak lingkungan,” tutupnya.
[Harun Alrosid]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: