RABU, 14 SEPTEMBER 2016

SOLO --- Mensukseskan perang terhadap Narkoba, jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kota Solo, Jawa Tengah, mengikuti sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredara Gelap Narkoba (P4GN). Kegiatan yang digelar Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Tengah itu diikuti sedikitnya 200 prajutit TNI di jajaran Makorem 074/ Warasatratama Surakarta.


Kepala Staff Korem (Kasrem) 074 Warastratama Surakarta, Letkol Infantri Crisbianto Arimurti mengatakan, tujuan dari kegiatan kerja bareng dengan BNN itu untuk mencegah adanya penyalahgunaan maupun pengedaran narkoba yang melibatkan anggota TNI. Selama ini, sebagai lembaga militer Indonesia, TNI tidak pernah memberikan ruang bagi peredaran Narkoba di tubuh TNI.

“Kegiatan sosialsiasi P4GN yang dilanjutkan dengan tes urine ini untuk mengecek prajurit TNI. Jika dinyatakan positif menggunakan narkoba kita jatuhkan sanki berat, yakni langsung kita pecat,” ucapnya kepada awak media di sela-sela sosialisasi P4GN, Rabu siang (14/9/16).

Ratusan parjurit TNI yang mengikuti sosialisasi P4GN yang digelar di Aula Makorem Solo ini dari berbagai jajaran Korem. Seperti  dari anggota Denpom, anggota Denkes, anggota Denbekang, anggota Denpal, anggota Denhub, dan anggota Denzibang. 

“Sebenarnya bulan lalu kita telah lakukan cek urine, dan hasilnya anggota bebas narkoba. Kita lakukan pengecekan lagi untuk kembali memastikan kondisi prajurit,” terangnya.


Sosialisasi yang dilakukan dengan tes urin itu ditekankan untuk mengetahui sekaligus antisipasi penggunaan maupun keterlibatan dalam peredaran narkotika di kalangan prajurit TNI dan PNS. Dalam sosialisasi ini juga ditegaskan bahwa pimpinan akan menindak tegas anggota TNI yang terbukti terlibat kasus penyalahgunaan maupun peredaran narkotika. 

“Pemeriksaan tes urine ini akan kita lakukan secara rutin setiap bulan. Ini upaya TNI untuk bebas dari Narkoba,”tandasnya. 
[Harun Alrosid]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: