MINGGU, 18 SEPTEMBER 2016

LAMPUNG --- Kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam (Rohis) Sekolah Menengah Atas (SMA) Al Kautsar Kota Bandarlampung Provinsi Lampung menggelar kegiatan luar ruangan di Pantai Embe Kalianda Lampung Selatan. 


Ketua Rohis Al Kautsar SMA Bandarlampung, Ahmad Husein Fattah mengungkapkan, kegiatan luar ruangan dilakukan untuk memperkenalkan pengurus baru yang direkrut untuk menjadi pengurus baru kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat kerohanian tersebut.

Pendidikan dan latihan (diklat) menurut Ahmad Husein sengaja dilakukan di sekitar pantai karena sebagian besar siswa merupakan siswa yang menempuh pendidikan dengan sistem asrama (boarding school). Selain melakukan diklat dengan kegiatan outbound dan pelatihan kegiatan tersebut juga merupakan bentuk aktifitas Rihlah (jalan jalan ke luar daerah) yang selama ini jarang bisa dilakukan oleh siswa siswi Al Kautsar.

“Sebagian besar anggota Rohis merupakan siswa yang berasal dari beberapa kabupaten sehingga kegiatan Rihlah merupakan kesempatan untuk mengajak siswa menjalin kebersamaan di luar sekolah sekolah sekaligus berwisata,”terang Ahmad Husein selaku kegiatan Rohis saat ditemui dalam kegiatan diklat, Minggu (18/9/2016).

Ia mengaku sebagian siswa yang sekolah di SMA Al Kautsar dan mengikuti kegiatan Rohis merupakan siswa berasal dari Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Lampung Utara serta kota Bandarlampung. Siswa dari beberapa kabupaten tersebut yang berminat mengikuti Rohis sekitar 30 orang dari beberapa kelas.

Salah satu pembina Rohis yang juga salah satu siswa Al Kautsar, Intan Sari Adiningrum mengungkapkan, peserta tersebut berasal dari kelas 11 dan kelas 12. Sebagian siswa terlibat dalam kegiatan Rohis karena ingin terlibat dalam keanggotaan Rohis sekaligus mencari pengalaman dengan kegiatan luar ruangan.

Intan mengaku kegiatan tersebut sekaligus ajang untuk menjalin keakraban antar pengurus baru yang terlibat dalam kegiatan esktrakurikuler di sekolah diantaranya dengan membina adik kelas yang baru masuk sebagai anggota Rohis.

Materi yang diberikan dalam kegiatan Rohis tersebut diantaranya permainan permainan bersifat melatih kebersamaan antar anggota Rohis. Selain itu Rohis juga melakukan kegiatan pembahasan lomba yang akan digelar setiap hari Jumat diantaranya kegiatan rohani.  Salah satu kegiatan Rohis diantaranya mengadakan kegiatan likok dengan mengundang penceramah dari Forum Kerja (FK) alumni Rohis.

Selain kegiatan tausiah yang mengahadirkan penceramah dari luar sekolah kegiatan Rohis diantaranya kegiatan demo ekskul Rohis agar semakin banyak siswa yang mengikuti Rohis.

Kegiatan Rohis diakui Intan merupakan kegiatan yang memupuk nilai nilai KeIslaman bagi para siswa karena kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMA Al Kautsar diantaranya kegiatan ekstrakurikuler lain diantaranya Pramuka,OSIS dan kegiatan ekstrakurikuler lain.


Kegiatan diklat diberikan kepada pengurus baru diantaranya pembekalan untuk mengetahui aktifitas Rohis yang salah satunya prestasinya dengan menjadi peserta kegiatan Musabaqah Tilawatul Quran (MTQ). Sementara dalam kegiatan diklat peserta diberikan kesempatan melakukan aktifitas berkelompok untuk memupuk kebersamaan dan solidaritas dan permainan yang mendukung kebersamaan.

Seusai melakukan kegiatan bersifat pelatihan sebagian tifitas siswa melakukan aktifitas renang bersama di pantai Embe tersebut.
[Henk Widi]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: