SELASA, 6 SEPTEMBER 2016

PONOROGO --- Pohon pisang biasanya berbuah hanya memiliki beberapa tandan saja. Namun berbeda halnya dengan pohon pisang milik Maiful (45 tahun) warga Kelurahan Pakunden Ponorogo yang memiliki ratusan tandan dengan ribuan buah pisang.

Warga lain pun sempat heran bahkan beberapa warga ada yang berfoto bersama pohon pisang aneh tersebut. Maiful selaku pemilik mengaku heran dengan keanehan pohon pisang miliknya.

Sejak dua bulan lalu setiap hari tandan pisang miliknya terus bertambah. Bahkan saat ini buah pisang yang memiliki jantung pisang ini panjangnya mencapai 185 cm dengan diameter 65 cm.

"Sementara agar pohon pisang tidak tumbang, saya memasang bambu sebagai tiang penyangga," jelasnya saat ditemui Cendana News di rumahnya, Selasa (6/9/2016).

Maiful pun sebelumnya tidak mendapat firasat apapun, hanya saja waktu itu dilahan kosong miliknya tiba-tiba muncul banyak anakan pisang. Karena semakin lama semakin banyak dirinya pun mulai merawat pohon pisang miliknya.

"Saya juga tidak tahu jenis pisang apa ini. Tapi sejak semakin banyak tandan pisangnya akhirnya saya kasih batang bambu sebagai penyangga," tuturnya.

Karena banyaknya antusias warga yang melihat pohon pisang ini, rencananya sang pemilik akan memberikan pagar bambu agar tak rusak.

Salah satu warga, Aries Sutikno (30 tahun) menjelaskan hal ini cukup menarik minatnya karena apapun kondisinya ini tidak lazim.

"Ini tandannya banyak sekali dan jumlah pisangnya bisa ribuan," cakapnya.


Aries pun berharap Maiful mau mengembangkan anakan pisang seperti ini. Meski buah pisangnya tergolong kecil namun yang menarik minatnya karena panjangnya tandan pisang.

"Saya ingin punya tanaman pisang seperti ini. Unik sekali meskipun buahnya kecil-kecil tapi tandannya panjang," harapnya.
[Charolin Pebrianti]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: