SENIN, 12 SEPTEMBER 2016

YOGYAKARTA --- Menyemarakkan Idhul Adha 1437 Hijriyah, warga Prambanan, Sleman menggelar Pentas Takbir Perkusi di Komplek Terminal Prambanan, Sleman, Minggu (10/9/2016). Pentas takbir perkusi yang dimainkan dengan seperangkat alat musik dari alat-alat bekas seperti galon air mineral, beragam botol bekas dan sebagainya menyedot perhatian ratusan warga. 

Penampilan anak-anak dengan alat musik dari barang-barang bekas
Malam menjelang hari kurban, Terminal Prambanan yang biasa sepi menjadi sangat ramai dan meriah. Sebuah panggung sederhana berdiri, menjadi ajang unjuk kebolehan para pemuda, bahkan juga anak-anak dalam memainkan alat perkusi dan rebana dalam melantunkan takbir.

Gelar Pentas Takbir Perkusi yang menurut panitia penyelenggara diadakan guna menyambut datangnya hari kurban sekaligus mempererat tali silaturahmi antar warga, begitu menarik perhatian, terutama karena alat musiknya yang hanya dari galon bekas, botol kaca, ember cat dan sebagainya.

Beragam alat musik dari botol bekas


Pentas takbir perkusi dengan alat-alat bekas itu dimainkan oleh lima anak-anak usia belasan tahun dengan begitu kompak dan merdu saat melantunkan takbir. Suasana gegap gempita dan rasa khidmat menyambut Idul Adha pun berbaur menyatu meletikkan rasa khidmat di sanubari ratusan warga yang berjubel di depan panggung.

Koordinator takbir perkusi, Ahmad Turfakawaki, di sela jalannya acara mengatakan, pentas takbir perkusi diikuti oleh delapan kelompok berasal dari komunitas dan aktifis masjid dan mushola yang ada di wilayah Kecamatan Prambanan. Peserta dibebaskan untuk berkreasi dengan beragam alat musik, meski tetap dengan jenis alat musik tabuh yang merupakan ciri khas takbiran.

"Acara ini kami gelar untuk memeriahkan malam takbir, sekaligus ajang silaturahmi dan mempereat tali persaudaraan", pungkasnya. (koko)

Pentas Takbir Perkusi di Terminal Prambanan


Bagikan:

Sari Puspita Ayu

Berikan Komentar: