MINGGU, 4 SEPTEMBER 2016

MANADO BERITA FOTO --- Sepasang penyu Belimbing di temukan di pantai desa Lilang, Kecamatan Kema, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut). Penyu Belimbing ini merupakan salah satu penyu raksasa yang ada di perairan Sulawesi.


Kepada Cendana News, Koordinator Satker Manado Balai Pengelolaan Sumberdaya dan Pesisir Laut (BPSPL) Makassar Asri Adi mengatakan, penyu raksasa merupakan penyu belimbing ini ditemukan oleh nelayan saat melaut, dan merupakan penyu raksasa pertama yang saya lihat. Penyu belimbing raksasa ini saat di ukur oleh tim BPSPL Makassar Satker Manado yang jantan memiliki panjang 170 cm, lingkar badan 240 cm, sedangkan betina memiliki panjang 156 cm, dan lingkar badan 225 cm dan berat di perkirakan masing-masing lebih dari 200 kg.

"Panyu belimbing raksasa ini nyaris jadi korban untuk di jual dan dikonsumsi oleh masyarakat jika tidak cepat diselamatkan, saat mendapat laporan saya bersama tim langsung turun lapangan dan meminta bantuan kepolisian setempat untuk mengamankan lokasi agar tidak terjadi hal yang buruk diinginkan, setelah tim melakukan pengukuran dan tanda tangan berita acara, sepasang penyu raksasa belimbing ini kemudian dilepaskan ke laut bersama pemerintah setempat dan disaksikan oleh masyarakat dan pihak terkait dan lembaga Tasikoko," kata Asri Adi Koordinator Satker Manado BPSPL Makassar, pada Cendana News Minggu (4/9/2016).
[Ishak Kusrant] 





Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: