KAMIS, 22 SEPTEMBER 2016

BALIKPAPAN --- Rencana penggunaan lahan stadion Parikesit untuk kepentingan perluasan pembangunan kilang Balikpapan masih dibahas Pemerintah Kota bersama Persiba dan RU V Pertamina. Rencananya lahan stadion parikesit Persiba ini akan digunakan warehouse dan workshop UP V Pertamina.


Sekda Pemerintah Kota Balikpapan, Sayid MN Fadli mengungkapkan, perluasan kilang kepentingan nasional, tentu dampak buat msyarakat indonesia dan masyarakat Balikpapan. Persiba kebanggaan Balikpapan, selama ini Persiba sudah strademark Balikpapan.

"Kita juga harus menyampaikan pembongkaran ini dengan hati-hati. Dua kepentingan ini harus hati-hati menyikapinya terutama berkaitan dengan pemakaian stadion,” jelas Sekda Sayid MN Fadli, usai pertemuan Ketua Umum Persiba Syahril HM Taher didampingi Sekum, Irfan Taufik dan RU V diwakilkan Area Manager Communacation and relations Pertamina Kalimantan, Dian Hapsari dan Imam serta jajaran terkait,  di kantor Pemkot, Kamis (22/9/2016).

Menurutnya, pihak Pertamina meminta setelah putaran kompetisi TSC selesai, lapangan  Persiba tidak dipakai lagi karena akan bangun perluasan kilang untuk gudang.

"Direncanakan April mau dibongkar untuk warehouse dan workshop sedangkan tahun depan Persiba ikuti kompetisi resmi. Pihak persiba masih meminta mohon agar diberi waktu tambahan sambil menunggu stadion Batakan selesai," bebernya.

Dari penjelasan PU, Sekda mengatakan bahwa stadion Balikpapan yang masih tahap pembangunan di Batakan kemungkinan bisa digunakan pertengahan tahun 2017. 

"Artinya dia selesai kontrak tahun ini tapi kan rumput baru aman digunakan pertengahan tahun. Akhir diskusi dengan pertamina, Persiba dan pemerintah kita tetap memohon dua opsi,” tuturnya

Sayid menyebutkan Opsi pertama dilakukan perpanjangan penggunaan stadion Persiba hingga pertengahan tahun 2017.  Setelah itu selesai tidak selesai harus pindah. Opsi kedua yakni  jika tidak disepakati akan mencari home base baru

"Opsi kedua kita cari home baru untuk putaran I 2017 nanti putaran II  pindah ke  stadion Batakan. Tapi ini  belum ada putusan kita akan buat surat ke Pertamina untuk disampaikan ke pusat. Mudah-mudahan opsi pertama disetujui," tambahnya.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum Persiba, Syahril HM Taher mempersilahkan Pertamina mengambil langkah terbaik dengan tetap memperhatikan sisi sosial.

Ia membenarkan jika pilihan mencari home base lain kemungkinan pilihan Jogya atau Solo. "Nanti kita lihat jadwal ISL 2017. Jogya atau solo kita cari ya dia bersedia kalau kita dibantu cari home base baru," tandasnya.

Sementara terkait putaran ISL 2017 persiba akan pindah markas yang baru di pulau Jawa, Syahril mengatakan ada kemungkinannya. 

Sementara itu, Area Manager Communication and Relations Pertamina Kalimantan Dian Hapsari membenarkan pertemuan itu membahas soal stadion parikesit. Menurutnya pertamina menyampaikan kembali terhadap kebutuhan pembangunan fasilitas penunjang pengembangan kilang. 

"Di lahan stadion akan dijadikan gudang dan workshop sebagai area pendukung. Sesuai yang pernah diinfokan sebelumnya ke Pemkot bahwa akhir tahun Desember kita mulai persiapan land improvement," imbuhnya.

Sari menambahkan apabila homebase Persiba ini dipindahkan, pertamina akan support. "Kita lihat kebutuhan seperti apa," tutupnya.
[Ferry Cahyanti]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: