SABTU, 24 SEPTEMBER 2016

BENGKAYANG --- Butuh belasan orang untuk mengangkat buaya ganas dari rumah warga disebuah desa di Kalimantan Barat. Di Desa Sungai Duri, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang. Berbekal informasi adanya buaya dipelihara warga, Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuh Satwa Liar Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat, melakukan evakuasi. Tujuannya adalah untuk mengamankan buaya dan mengembalikan ke habitatnya.


“Telah mengevakuasi seekor buaya muara (Crocodylus porosus). Jenis kelamin jantan, dewasa, ukuran tubuh kurang lebih tiga meter dan kondisi sehat,”sebut Kepala Seksi III Singkawang BKSDA Kalbar, Agus Arianto, Sabtu (24/9/2016).

Dirinya mengklaim, penyerahan buaya ganas itu secara sukarela dari seorang warga diketahui bernama Romi (27 tahun) beralamat  di Desa Sungai Duri, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang , Kalimantan Barat.

“Berdasarkan informasi yang memelihara, buaya tersebut diperoleh dari teman ayahnya pada tahun 2013 dengan ukuran 1 meter,” ujarnya.

Disebutkan, buaya seberat  35 kilogram ini sudah dievakuasi oleh Tim Gugus Tugas Penyelamatan TSL Seksi Wilayah III bersama Manggala Agni Singkawang dan Tim Sinka Zoo. 

“Selanjutnya buaya ini dititiprawatkan di Lembaga Konservasi Sinka Zoo, Kota Singkawang,” tutupnya. 
[Aceng Mukaram]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: