KAMIS, 1 SEPTEMBER 2016

MATARAM --- Kepala Bidang Statistik Distribusi, Badan Pusat Statistik (BPS) NTB, Kadek Adi Madri mengatakan, dalam kurun waktu bulan Juli 2016 saja, tingkat hunian hotel bintang dan non bintang mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan bulan Juni 2016.


"Kalau dilihat dari statistik yang ada, tingkat hunian hotel berbintang selama bulan Juli 2016 tercatat sebesar 46,54 persen, naik 8,18 poin dibandingkan bulan sebelumnya, demikian juga dengan hotel non bintang mengalami kenaikan sebesar 29,38 persen" kata Kadek di Mataram, Kamis (1/9/2016).

Ia menjelaskan, sementara untuk rata-rata lama menginap tamu hotel berbintang bulan Juli 2016 tercatat sebesar 1,83 hari, setara rata-rata lama menginap bulan Juni.

Sementara ntuk hotel non bintang justru mengalami penurunan, dengan rata-rata lama menginap pada bulan Juli  mencapai 2,05 hari, turun 0,07 hari dibandingkan bulan Juni.

"Kalau berdasarkan kelas hotel, tingkat hunian kamar tertinggi dicapai oleh hotel bintang lima 51,37 persen, hotel bintang dua 51,36 persen dan tingkat hunian kamar terendah terjadi pada hotel bintang satu, dengan tingkat hunian sebesar 33,35 persen.

Kadek menambahkan, untuk terus meningkatkan tingkat hunian hotel, pemerintah diharapkan terus mengencangkan promosi pariwisata, supaya wisatawan banyak datang ke NTB. Banyaknya diselenggarakan iven nasional di NTB juga dinilai akan turut serta meningkatkan tingkat hunian sejumlah hotel di NTB.
(Turmuzi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: