MINGGU, 4 SEPTEMBER 2016

LAMPUNG --- Tingkatkan keahlian dalam berbagai kecakapan dan satuan karya (saka), puluhan anggota Pramuka dari berbagai sekolah  yang berasal dari tiga kwartir ranting Bakauheni, Ketapang dan Bakauheni gelar latihan gabungan sekaligus perlombaan. Latihan gabungan yang digelar selama satu hari sejak pagi tersebut diselenggarakan di salah satu lokasi wisata di ujung Selatan Pulau Sumatera tepatnya di tugu titik nol Pulau Sumatera yang ada di Menara Siger, Kecamatan Bakauheni Lampung Selatan.


Salah satu panitia kegiatan latihan gabungan Pramuka, Tajul Arifin mengungkapkan, kegiatan latihan gabungan dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan anggota pramuka yang diantaranya berasal dari beberapa tingkat dari mulai Siaga, Penggalang hingga Penegak. Latihan gabungan dikuti oleh beberapa sekolah diantaranya SMPN 2 Penengahan, SMPN 2 Bakauheni, SMPN 1 Ketapang, SDN 1 Bakauheni, MTS Almunawaroh serta panitia yang terdiri dari beberapa sekolah. Selain latihan gabungan peserta yang terlibat juga mengikuti berbagai perlombaan yang digelar dengan memperebutkan piagam dan piala tersebut.

"Saat ini kegiatan Pramuka sedang digiatkan dan antusiasme peserta untuk mengikuti kegiatan yang positif salah satunya Pramuka untuk pengembangan karakter siswa sungguh tinggi dan kami sengaja selenggarakan di hari libur sekaligus untuk rekreasi karena lokasi diselenggarakan di area wisata Menara Siger,"ungkap Tajul Arifin selaku pembina dan panitia kegiatan latihan gabungan Pramuka tersebut kepada media Cendana News, Minggu (4/9/2016).

Pemilihan lokasi Menara Siger diantaranya karena Menara Siger memiliki beberapa wahana edukasi diantaranya dengan adanya jam matahari, lokasi flyng fox, bisa melihat suasana Selat Sunda dan lokasinya cukup luas untuk kegiatan Pramuka. Selain itu pusat kegiatan dilakukan di lokasi berdirinya tugu KM 0 Pulau Sumatera yang ada di ujung Selatan Pulau Sumatera. Ia mengaku memperkenalkan tugu KM 0 Sumatera di Bakauheni kepada anggota Pramuka untuk memberi pengetahuan kepada anggota Pramuka keberadaan lokasi tersebut.

Selain itu berbagai gelaran lomba dilakukan selama kegiatan diantaranya perlombaan paku botol, panah, pasukan baris berbaris, yel yel, tulup, membaca sandi, membaca peta serta kegiatan perlombaan lain. Sebagai penyemangat untuk kegiatan perlombaan tersebut panitia juga menyiapkan piala dan piagam bagi peserta pramuka yang memenangkan setiap perlombaan yang diselenggarakan.

Salah satu pembina lain, Aji, mengaku saat ini kegiatan Pramuka mulai sering dilakukan untuk memberi ruang bagi pelajar dalam mengisi hari libur dengan melakukan kegiatan kegiatan positif. Ia mengaku salah satu kegiatan positif baru yang akan dikembangkan dalam kegiatan Pramuka diantaranya dengan melakukan kegiatan menjaga tempat wisata yang ada di Lampung Selatan diantaranya membersihkan sampah yang ada di sekitar lokasi wisata tersebut.

Kegiatan latihan gabungan tersebut menurut Aji juga menjadi ajang silaturahmi beberapa kwartir ranting Pramuka yang ada di sejumlah sekolah. Sebagian pembina pramuka dan anggota Pramuka diakui Aji akan semakin terpacu untuk meningkatkan prestasi dengan adanya kompetisi dalam berbagai perlombaan baik yang bersifat keahlian maupun kecerdasan.

"Selama ini kalau tidak ada kegiatan latihan gabungan kita hanya berlatih di masing masing gugus depan atau sekolahan nah dengan latihan gabungan maka akan saling mengenal anggota pramuka dari gugus depan lainnya,"ungkap Aji.


Setelah kegiatan selesai, anggota Pramuka diberikan kesempatan mengunjungi bangunan Menara Siger yang di dalamnya terdapat beberapa hasil kerajinan tangan dan juga beberapa lokasi wisata di Lampung yang terpampang dalam foto foto. Selain itu peserta pramuka tersebut bisa naik hingga ke lantai 4 Menara Siger untuk melihat aktifitas kapal roll on roll off di Selat Sunda.
[Henk Widi]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: