SENIN, 19 SEPTEMBER 2016

SIDOARJO --- Memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tidak hanya masyarakat sipil saja yang dipersiapkan untuk bersaing. Namun seluruh prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) juga harus bersiap diri salah satu programnya yakni adanya Program Pembekalan dan Keterampilan (Bektram).


Bektram diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus-19 September 2016 di Aula Balur Jawa Timur (Jatim) Sidoarjo. Badan Penyalur Tenaga Kerja Angkatan Laut Wilayah Timur (Balurjaltim) membuka kesempatan belajar dalam bidang program kewirausahaan yakni bidang peternakan, tata boga, perikanan, handycraft dan home industry serta otomotif roda empat.

Kepala Dinas Perawatan Personel (Kadiswatpersal) Kasal Laksamana Muda TNI Ade Sumadi menjelaskan, hal tersebut merupakan fungsi penting untuk mendekatkan kemampuan dan keahlian berwirausaha secara mandiri dan kompetitif bagi personel TNI Angkatan Laut beserta keluarganya.

"Dalam rangka tetap menjamin ketersediaan peluang kerja yang terstandar, kekinian dan dilaksanakan dalam beberapa program pembinaan lapangan kerja," jelasnya kepada Cendana News, Senin (19/9/2016).

Diharapkan melalui program pembekalan dan ketrampilan sebagai upaya untuk mendukung kemampuan dan keahlian berwirausaha secara mandiri dan kompetitif. Peserta yang mengikuti Bektram sebanyak 200 orang yang terdiri dari anggota TNI AL Wilayah Surabaya, Keluarga Besar TNI AL, PNS dan Jalasenastri.

Pelatihan Bektram TNI Angkatan Laut Triwulan III Tahun Anggaran 2016 meliputi program kewirausahaan bidang peternakan 20 orang dan non program 10 orang, tata boga 25 orang dan non program 50 orang, perikanan 30 orang dan non program 5 orang, handycraft dan home industry 20 orang dan non program 10 orang serta otomotif roda empat 25 orang dan non program 5 orang.

"Meskipun lapangan kerja usia produktif semakin berkurang terlebih bagi personel yang mendekati usia pensiun, hendaknya dengan bekal keterampilan yang baru saja dilaksanakan selama satu bulan ini mampu mendinamisasikan lapangan kerja dengan menciptakan peluang kerja bagi masyarakat sekitarnya," pungkasnya. 
[Charolin Pebrianti]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: