KAMIS, 15 SEPTEMBER 2016

MATARAM --- Sekretaris Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi), Halus Mandala mengatakan, berdasarkan Data Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Kopertis) Wilayah VIII Bali, NTB dan NTT, jumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mencapai 55 PTS, yang tersebar di seluruh Kabupaten Kota NTB, terdiri dari Universitas, Institut, Akademi dan STKIP.


"NTB memiliki banyak PTS, dengan jumlah yang banyak tersebut, butuh perhatian dan pembinaan secara serius serta terfokus dalam upaya meningkatkan kualitas semua PTS yang ada" kata Mandala di Mataram, Kamis (15/9/2016).

Menurutnya, sekarang ini, Kopertis Wilayah VIII masih terpusat di Bali yang menaungi tiga wilayah, yaitu Bali, NTB dan NTB, sementara jumlah PTS di masing-masing Provinsi semakin banyak, jelas tidak akan maksimal dalam melakukan pembinaan dan meningkatkan kualitas PTS.

Sehingga memang, untuk lebih memudahkan pelayanan, koordinasi dan pembinaan, masing - masing wilayah harus memiliki Kopertis tersendiri, termasuk NTB dan itu telah disetujui Kemenristek dan Dikti, selama memenuhi yang dipersyaratan.

"Syarat untuk bisa memiliki Kopertis tersendiri antara lain, ada rekomendasi dari Gubernur, sarana prasarana penunjang seperti penyiapan gedung, menyiapkan SDM, karena persoalan utama adalah soal SDM" ungkapnya.

Ditambahkan, NTT sendiri sudah menunjukkaan lampu hijau begitu juga dengan NTB, Gubernur telah menyetujui, sehingga kita targetkan kalau bisa semua persiapan sudah rampung pada ahir tahun 2016 dan akan menjadi Kopertis Wilayah VIII NTB.
(Turmuzi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: