SELASA, 20 SEPTEMBER 2016

LAMPUNG --- Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang dilakukan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0421/LS ke-97 kembali dilakukan dengan melakukan pembangunan infrastruktur fisik di desa dan juga pembangunan non fisik yang ditujukan bagi masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan.


Menurut Komandan Kodim 0421/LS Letkol. Arm. Untoro Hariyanto, kegiatan TMMD 97 tersebut awalnya dibuka secara resmi oleh Bupati Lampung Selatan, Zaenudin Hasan, dan juga unsur unsur terkait dari pemerintahan Kabupaten Lampung Selatan.

Letkol. Arm. Untoro Hariyanto menambahkan, kegiatan TMMD ke-97 Kodim 0421, Lamsel ini merupakan kegiatan mendekatkan TNI dan masyarakat sekaligus menjawab keinginan dan harapan masyarakat yang di daerahnya masih memiliki infrastruktur kurang memadai dengan cara mengerjakan kegiatan pembangunan fisik dan non-fisik. Kegiatan TMMD yang dilakukan di desa yang menjadi sasaran tersebut oleh Kodim 0421/LS diantaranya dengan melakukan pembangunan fisik diantaranya melakukan kegiatan membangun jembatan beton.

“Jembatan yang dibangun oleh anggota Kodim 0421/LS diantaranya berupa jembatan permanen menghubungkan antara desa Karang Anyar dan desa Fajar Baru kecamatan Jati Agung Lampung Selatan,” terang Dandim 0421/LS Letkol. Arm. Untoro Hariyanto dalam pembukaan TMMD 97 di Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan, Selasa (20/9/2016)

Untoro yang didampingi Pasi Terr, Kapten Inf. Sukarno dan Pasi Intel Kodim, Kapten Inf .Yudhi menerangkan pembangunan jembatan yang akan dilakukan itu dengan panjang bentangan sekitar 30 meter, sementara lebar dari jembatannya adalah sekitar 6 meter. Jembatan yang berada di lokasi sulit tersebut merupakan harapan warga yang berpuluh puluh tahun harus menggunakan jalur lain akibat tidak adanya infrastruktur jembatan penghubung.

Selain pembangunan fisik berupa pembangunan jembatan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa, pihaknya juga akan melakukan rehab Mushola yang berada di desa tersebut. Kodim 0421/LS juga akan membangun dua pos keamanan lingkunag (Poskamling) serta program sanitasi berbasis masyarakat dengan cara melakukan kegiatan jambanisasi untuk seluruh warga masyarakat yang menjadi sasaran.

Sedangkan untuk sisi kegiatan non-fisik,Untoro mengungkapkan anggota Kodim 0421/LS juga melakukan kegiatan yang bersifat pendidikan dan kegiatan sosialisasi diantaranya kegiatan penyuluhan hukum dan bahaya tentang Narkoba. Selain penyuluhan bahaya narkoba dengan melibatkan pihak Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Lampung Selatan juga dilakukan sosialisasi bahaya paham Radikalisme, Komunisme dan bahaya terorisme (RKT).

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam segala aspek sehingga kami juga berharap dukungan dari seluruh masyarakat yang ada di desa Karang Anyar kecamatan Jati Agung khususnya dan dukungan dari seluruh masyarakat yang ada di kabupaten Lampung Selatan ini,” ungkapnya.

Ia berharap kegiatan TMMD ke 97 yang diselenggarakan oleh Kodim 0421/LS bermanfaat bagi masyarakat, pemerintah dan juga berjalan dengan lancar sesuai rencana. Ia mebambahkan kehadiran ratusan anggota TNI yang menyatu dengan masyarakat secara gotong royong dalam membangun desa juga menjadi sebuah harapan TNI dalam mendekatkan diri dengan masyarakat.


Kehadiran anggota TNI dari Kodim 0421/LS tersebut mendapat respon positif terutama dengan pembangunan jembatan yang sudah diusulkan untuk dibangun secara permanen kepada pemerintah daerah meski belum mendapat respon positif.

“Selama ini kami mengusulkan pembangunan jembatan mulai dari desa ke pemerintah kabupaten dan justru direalisasikan saat kami mengajukan proposal ke Kodim Lampung Selatan dan dilakukan TNI manunggal masuk desa,”ungkap Sahdi salah satu tokoh masyarakat Desa Karanganyar.

Selain pembangunan jembatan yang mempermudah akses warga, Sahdi mengaku bersyukur desanya mendapat perhatian dengan direhabnya mushola dan pembangunan sarana lain. Selain itu penyuluhan hukum dan penyuluhan paham RKT diharapkan menyadarkan masyarakat untuk bisa membangun desanya lebih maju.
[Henk Widi]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: