MINGGU, 18 SEPTEMBER 2016

TUBAN --- Demi menumbuhkan kecintaan sekaligus membumikan Al-Qur'an di tengah-tengah masyarakat, untuk kesekian kalinya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban kembali menggelar lomba Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ). Lomba yang akan berlangsung selama dua hari, 18-19 September 2016 ini diikuti oleh 263 peserta dari 20 Kafilah se-Kabupaten Tuban. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.


"Peserta MTQ tahun ini mengalami peningkatan hampir separuh dari jumlah peserta tahun lalu,"jelas Assisten perekonomian dan Pembangunan, Hery Prasetyo dalam acara pembukaan lomba MTQ, Sabtu (17/9/2016).

Lebih lanjut ia mengatakan, tujuan diadakannya lomba MTQ tidak lain adalah menumbuhkan kecintaan untuk lebih mencintai dan mengamalkan Al-Qur'an. Selain itu, juga untuk menggali potensi masyarakat tentang kemampuan membaca dan memahami.

"Sekaligus sebagai ajang persiapan untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi di Kabupaten Pasuruan pada tahun 2017 nanti,ungkapnya.

Hery menuturkan, pada lomba MTQ kali ada beberapa cabang yang akan di lombakan, diantaranya yaitu cabang Tilawah, Tahfis, makalah ilmiah Al-Qur'an, Tafsir Al-Qur'an dan beberapa cabang yang lainnya. Lomba ini juga nantinya akan di adakan di tiga tempat yakni di Masjid Agung, Alun-alun dan komplek Pendopo Kabupaten Tuban,ungkapnya.

"Lomba MTQ sebenarnya adalah upaya proses pembinaan dari pemerintah Kabupaten Tuban untuk meningkatkan prestasi kafilah di masa yang akan datang,"pungkasnya.

Sementara itu Bupati Tuban, Fathul Huda menyambut positif dan mengapresiasi adanya lomba MTQ. Menurutnya lomba tersebut merupakan bagian dari dakwah untuk dapat membumikan Al-Qur'an.

"Pemerintah kabupaten Tuban selalu membumikan Al-Qur'an dengan berbagai cara salah satunya yakni melalui lomba MTQ dan memfasilitasi tempat-tempat belajar seperti di Masjid dan Musholla,"terangnya.


Selanjutnya, orang nomer satu di Pemkab Tuban ini juga yakin bahwa dengan membumikan membaca serta mengamalkan Al-Qur'an di tengah-tengah masyarakat terutama di kalangan anak muda maka kenakalan remaja yang selama ini sering terjadi akan dapat teratasi.

Sementara itu dalam acara pembukaan lomba MTQ yang di mulai pukul 20.00 WIB dimeriahkan juga oleh penampilan Hadrah dan Tari Sufi dari siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tuban.
[Agus Nurchaliq]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: