SENIN, 19 SEPTEMBER 2016

YOGYAKARTA -- Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta menggelar Kejuaraan Nasional Pencak Silat Sunan Kalijaga Cup III, Senin (19/9/2016). Ajang perlombaan pencak silat tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Menengah Atas itu diikuti 400 lebih peserta dari seluruh Indonesia.


Bertempat di Gedung Serba Guna UIN Suka Yogyakarta, Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional Piala Sunan Kalijaga III dimulai hari ini dengan babak penyisihan. Secara bergiliran, 400 lebih peserta lomba bertanding guna meraih juara terbaik di kelasnya masing-masing.

Ketua Panitia Penyelenggara, Amannasrullah saat ditemui di tengah jalannya perlombaan menjelaskan, dalam kejuaraan pencak silat tingkat nasional untuk siswa SMP, SMA dan sederajat itu dipertandingkan dua kelas berbeda, yaitu Kelas Seni Tunggal dan Fighter atau Pertarungan.

"Kejuaraan pencak silat ini diadakan rutin setiap tahun sebagai upaya melestarikan budaya asli bangsa Indonesia, sekaligus upaya meningkatkan sportifitas di kalangan generasi muda," ujarnya.

Gelar kejuaraan Piala Sunan Kalijaga, pada awalnya hanya diadakan setingkat provinsi. Namun seiring dengan meningkatnya animo peserta, kejuaraan pencak silat Piala Sunana Kalijaga untuk yang ketiga kalinya ini digelar secara nasional.

Sementara itu, salah satu peserta kejuaraan pencak silat Piala Sunan Kalijaga asal Yogyakarta, Bagus Yoga (15), mengaku senang dan telah mempersiapkan diri dengan matang. Didampingi Didiya Adi Prasista, Bagus mengaku optimis bisa lolos dalam tahap penyisihan.

Namun, Didiya mengatakan jika pihaknya hanya sempat mempersiapkan tim satu bulan sebelumnya yang dirasa sangat mepet. Menurutnya, untuk kejuaraan tingkat nasional ini setidaknya persiapan dilakukan enam bulan sebelumnya.
[Koko Triarko] 

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: