RABU,  14 SEPTEMBER 2016

JAKARTA --- Bertempat di Hotel Amaris, Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (14/9/2016), Universitas Trilogi Jakarta saat ini sedang mengadakan acara Lokakarya Sistem Ekonomi Pancasila. Sedangkan untuk pelaksanaan acara Seminar Sistem Ekonomi Pancasila rencananya akan diadakan pada hari Kamis (15/9/2016), bertempat di Kampus Universitas Trilogi, Jalan TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Subiakto Tjakrawerdaya, mantan Menteri Koperasi Republik Indonesia (kanan) sekaligus Ketua Yayasan Universitas Trilogi Jakarta

Pelaksanaan Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Sistem Ekonomi Pancasila tersebut terlaksana berkat kerjasama yang baik antara Universitas Trilogi Jakarta bersama tujuh mitra perguruan tinggi lainnya yang ada di Indonesia. Secara keseluruhan acara tersebut dihadiri sekitar 30 sampai 40  peserta yang kebanyakan para akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Ketujuh perguruan tinggi tersebut masing-masing adalah Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Univesritas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Jenderal Sudirman (UNSOED) Purwokerto, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta, Universitas Pancasila (UP) Jakarta dan Institut Koperasi Indonesia (INKOPIN) Bandung.

Sedangkan tema daripada pelaksanaan acara Seminar dan Lokakarya Sistem Ekonomi Pancasila tersebut adalah "Mewujudkan Penerapan Sistem Ekonomi Pancasila dalam Kurikulum Pendidikan Nasional". Semiloka tersebut juga dihadiri oleh beberapa perwakilan dari ketujuh perguruan tinggi di Indonesia dan perwakilan dari Universitas Trilogi Jakarta yang kali ini bertindak sebagai tuan rumah.

Sementara itu, dalam pelaksanaan Semiloka pada hari ini dibuka  dengan penyampaian materi Pengantar yang juga sekaligus sebagai pembicara kunci (Keynote speaker), yaitu Dr (HC) Subiakto Tjakrawerdaya, yang dikenal sebagai mantan Menteri Koperasi Republik Indonesia sekaligus sebagai Ketua Yayasan YPPIJ Universitas Trilogi Jakarta.

Suasana acara Semiloka Sistem Ekonomi Pancasila di Hotel Amaris
Kemudian juga dihadiri oleh Prof. Dr. Asep Saefuddin, MSc yang dikenal sebagai Rektor Universitas Trilogi Jakarta sekaligus sebagai Guru Besar Statistik di Institut Pertanian Bogor (IPB). Selanjutnya turut menghadirkan Prof. Edi Suandi Hamid, sebagai salah pelaku aktif pemikiran Ekonomi Pancasila dari awal bersama Emil Salim dan almarhum Mubiarto. Edi Suandi Hamid juga menjabat sebagai Senior Advisor Universitas Trilogi Jakarta.

Sibiakto Tjakrawerdaya mengatakan "kehadiran dan kontribusi pemikiran antara Universitas Trilogi Jakarta bersama tujuh perguruan tinggi  lainnya yang berpartisipasi dalam pelaksanaan acara Semiloka tersebut akan menjadi momentum bersejarah yang penting bagi Bangsa Indonesia, bahwa ternyata masih ada perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki komitmen untuk mengkaji, mendalami dan bahkan mengajarkan Sistem Ekonomi Pancasila (SEP)" katanya saat membuka acara Seminar dan Lokakarya di Hotel Amaris, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (14/9/2016).

"Dalam pelaksanaan acara Semiloka tersebut nantinya juga akan mengkaji, mendalami dan memberikan masukan terhadap buku Sistem Ekonomi Pancasila yang masih dalam bentuk dummy tersebut, sedangkan masukan dari kalangan akademisi yang hadir dalam Semiloka tersebut akan semakin memperkaya dan mempertajam isi atau kandungan dari buku tersebut, sehingga outputnya diharapkan akan menjadi lebih komprehensif" demikian dikatakan Subiakto Tjakrawerdaya, mantan Menteri Koperasi Republik Indonesia pada era Pemerintahan Presiden H.M. Soeharto.
(Eko Sulestyono)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: