SELASA, 6 SEPTEMBER 2016

PONTIANAK --- Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, hingga kini terus melakukan pemenuhan hak-hak anak. Mulai dari pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, fasilitas dan ruang bermain, pemberian beasiswa, menggratiskan sekolah-sekolah negeri, hingga pembangunan sekolah untuk anak berkebutuhan khusus.


Walikota Pontianak, Sutarmidji mengatakan, pemberian hak –hak anak ini merupakan wujud perhatian pemerintah. Hal tersebut dilakukan guna memacu inovasi anak semangat dalam kreativitas.

“Kita berikan hak-hak anak dalam kapasitas apapun mereka termasuk untuk anak-anak yang perlu mendapat perhatian khusus, kita sudah bangun satu sekolah untuk mendidik anak berkebutuhan khusus,” ujar Sutarmidji, pada puncak peringatan Hari Anak Nasional 2016 di Auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak, Selasa (6/9/2016).

Dikatakan, majunya perkembangan teknologi bagi anak-anak juga dihadapkan dengan berbagai perangkat teknologi seperti komputer, smartphone, dan berbagai jenis gadget yang terhubung dengan internet. 

“Anak-anak semakin banyak berada di internet, terutama melalui perangkat bergerak seperti smartphone dan tablet. Meminta para orang tua perlu meningkatkan kewaspadaannya dalam mengawasi anak-anaknya sebab konten di internet tidak selalu cocok dengan usia anak. Berikan pemahaman kepada mereka bagaimana memanfaatkan internet itu secara sehat,” harap  Sutarmidji.

Sutarmidji juga menginginkan, tidak ada lagi kasus kekerasan terhadap anak di Kota Pontianak. Dirinya berharap, untuk memberi efek jera kepada pelaku kekerasan terhadap anak, dirinya meminta pengadilan memberikan hukuman yang paling berat.

“Kasusnya harus segera ditangani, jangan dibiarkan berlarut-larut lama,” kata Sutarmidji.

Sutarmidji meminta, kepada orang tua juga untuk memberi keleluasaan dalam tahap pertumbuhan anak dan selanjutnya hingga mereka bisa mandiri. “Setiap anak sudah semestinya memiliki tahap pertumbuhan dan perkembangan yang senantiasa memerlukan perhatian dan pola asuh yang teliti dari orang tua untuk mencapai puncak perkembangan yang optimal. Kita sebagai orang tua, bertanggung jawab terhadap tumbuh kembang anak, berikan ruang dan kebutuhan anak,” kata Sutarmidji.
[Aceng Mukaram]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: