SELASA, 20 SEPTEMBER 2016

LHOKSEUMAWE --- Pelayanan pembuatan e-KTP atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Lhokseumawe, Aceh, dianggap tidak memuaskan. Warga kecewa, banyak e-KTP yang tidak bisa diselesaikan sesuai dengan janji yang diberikan pihak dinas.


“Saya sudah berulang kali datang kesini, tapi KTP anak saya belum juga siap-siap, waktu kami tanya ada yang bilang belum siap, belum diambil sidik jari, masih di Jakarta, banyak alasannya,” ujar Erlina Wati, salah seorang warga Lhokseumawe, kepada Cendana News, Selasa (20/9/2016).

Erlina Wati menuturkan, anaknya sudah membuat e-KTP di kantor Disdukcapil tersebut sejak sebelum Hari Raya Idhul Adha 1437 Hijriah. Namun, hingga saat ini e-KTP anaknya tersebut belum juga selesai.

Ia sendiri mengaku sudah berulang kali mendatangi kantor tersebut. Katanya, petugas di Disdukcapil selalu mengatakan untuk datang pada hari lain. “Disuruh datang lusa atau minggu depan, waktu kita datang hari yang dijanjikan itu, masih juga dibilang belum siap,” lanjutnya.

Selain itu, lanjut Erlina, saat ini anaknya yang sedang kuliah di luar daerah tidak memiliki KTP karena pihak Disdukcapil telah mengambil KTP sebelumnya. Pihak dinas katanya juga tidak memberikan surat keterangan yang menerangkan KTP anaknya sedang dalam proses pembuatan.

“Anak saya kuliah di Banda Aceh, KTP sebelumnya diambil, jadi saat ini anak saya nggak ada KTP, kita minta dibuatkan KTP sementara atau surat keterangan nggak bisa katanya, kami khawatir karena anak saya ngekost dan sangat butuh KTP,” kata Erlina.

Ia berharap pihak Disdukcapil bisa segera menyelesaikan permasalahan pembuatan e-KTP tersebut. Katanya ia menyadari banyak orang yang dilayani, namun katanya pihak Disdukcapil bisa melayani dengan baik dan bisa mengerluarkan surat keterangan. 

“Setidaknya ada surat keterangan yang menjelaskan kalau KTP nya lagi dalam proses pembuatan,” pungkasnya.
(Zulfikar Husein)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: