JUMAT, 2 SEPTEMBER 2016

SOLO --- Keterbatasan pendidikan rupaya tak menyurutkan salah seorang warga Solo, Jawa Tengah untuk tetap berkarya. Kegemaran di dunia multimedia menjadikan Didik Suprihatin menciptakan sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh orang banyak.


Aplikasi mobile yang diberi nama “FINDME”  tidak seperti aplikasi sebelumnya yang mempunyai berbagai fitur di dalamnya dan dapat dimanfaatkan sebagai aplikasi untuk mencari apapun kebutuhannya. Namun aplikasi yang diciptakan warga Solo lebih menekankan akan pencarian sebuah kebutuhan dapat memasarkan segala bentuk usaha secara gratis.

“Aplikasi ini bisa menemukan antara seseorang yang tengah membutuhkan sesuatu dengan mereka yang bersangkutan. Misalnya, jika ada yang mencari tukang ojek atau petani ingin menjual hasil pertaniannya tinggal klik dan cari sesuai dengan keinginan. Melalui FINDME mereka yang mencari tukang ojek bisa langsung berkomunikasi dan menanyakan harga jarak tempuh. Begitupula untuk petani, bisa langsung melakukan tawar menawar harga dan transaksi tanpa ada perantara” jelas pria lulusan SMA kepada Cendana News, Jumat siang (2/9/2016).


Dijelaskan lebih lanjut, melalui aplikasi FINDME, siapa saja dapat mendowload dan mengatifkan aplikasi tersebut di handphone masing-masing. Setelah aplikasi ini diaktifkan, secara otomatis mereka yang memasarkan hasil usaha atau bentuk usaha dapat diakses semua yang mempunyai aplikasi tersebut. Yang membedakan FINDME dengan aplikasi serupa yang ada saat ini adalah bentuk pembayarannya lebih beragam.

Jika pada aplikasi-aplikasi yang marak saat ini lebih banyak menggunakan pembayaran secara transfer antar bank, aplikasi buatan Didik Suprihatin ini bisa melalui berbagai pilihan transaksi.  Mulai dari transaksi manual, yakni antara penggguna jasa dan penyedia jasa membayar saat bertemu, ada pula system transfer serta ada sistem Top Up atau dengan menggunakan voucher.


“Di FINDME ada fitur namanya Walled, yang didalamnya ada berbagai pilihan untuk pembayaran. Misal menggunakan Top Up kita nanti membeli voucer dan tinggal memasukkan kode voucer. Jadi tidak harus transfer via rekening. Ada pula pilihan lain yang dapat memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi,” terangnya.

Berbagai kemudahan lain aplikasi ciptaan warga Solo ini adalah pengguna dapat menambah kategori sesuai yang diinginkan. Bahkan aplikasi berbasis jaringan internet ini memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk memasarkan produknya secara langsung tanpa harus dikenakan biaya.”FINDME sendiri mempunyai slogan tersendiri, yakni Market YourSelf. Jadi ini memudahkan bagi siapa saja untuk memasarkan secara langsung. Dan untuk mendowload dan memasang aplikasi ini tidak dikenakan biaya,” imbuhnya.

Diungkapkan Didik, untuk menciptakan aplikasi FINDME ini dirinya membutuhkan waktu 3 bulan. Pria yang gemar membuat program itu akhirnya membuat aplikasi FINDME dan pernah diikutkan dalam lomba aplikasi yang digelar di Pemkot Solo.  Karya Didik Suprihatin ini mampu meraih juara pertama dalam lomba membuat aplikasi tersebut, dan kini akan dikembangkan hingga dapat memudahkan masyarakat untuk memasarkan produknya secara langsung.

Kini, Didik bersama rekan satu timnya tengah konsen untuk memasarkan aplikasi karyanya untuk dapat dimanfaatkan secara massal. 

“Sebenarnya saat ini FINDE masih tahap awal, akan ada penyempurnaan-penyempuraan ke depannya.

Harapannya, aplikasi ini dapat dimanfaatkan masyarakat luas hingga memberikan manfaat yang lebih,” pungkas pria yang saat ini tinggal di daerah Colomadu, Karanganyar tersebut. 
(Harun Alrosid)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: