KAMIS, 1 SEPTEMBER 2016

BANDUNG --- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengintruksikan Bandara Husein Sastranegara untuk melakukan pengecekan terhadap penumpang, khususnya yang tiba dari Singapura. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus zika.


Kepala Dinkes Kota Bandung, Ahyani Raksanegara menyampaikan, pihaknya merasa perlu mewaspadai penyebaraan virus zika di di Kota Kembang. Terlebih, Bandara Husein Sastranegara memiliki penerbangan langsung ke Singapura maupun sebaliknya.

"Yang wajibnya bandara karena itu ada pegunjung langsung dari Singapura. Karena kasusnya meningkat, sedangkan di Bandung ada penerbangan langsung ke Singapura," ujar Ahyani, Kamis (1/9/2016).

Pengecekan tersebut dilakukan kepada suhu tubuh para penumpang yang tiba dari luar negeri. Jadi bilamana suhu tubuhnya tidak normal akan segera dirawat di tempat kesehatan yang telah disediakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KPP).

"Kami berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Bandara Husein, karena itu kan di Singapura sedang terjangkit," imbuhnya.

Selain di Bandara, Dinkes Kota Bandung juga mengimbau para tenaga medis agar bisa mengantisipasi virus zika ini. Dimana saat menemukan ada warga yang memiliki ciri-ciri terjangkit langsung mendapatkan perawatan khusus.

"Kita mengedarkan bentuk kewaspadaan kepada tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan supaya lebih memperhatikan jika ada gejala gejala yang lebih mirip virus zika," paparnya.

Sementara itu, General Manager Bandara Husein Sastranegara Bandung, Dorma Manalu berharap tidak ada penumpang yang teridentifikasi virus zika. Pihaknya sudah memasang alat pemindai suhu tubuh sejak Kamis (1/9/2016) pagi.

"Kami pagi tadi sudah memasang alat, lebih kepada antisipasi untuk kedatangan seluruh penumpang internasional, khususnya dari Singapura," ujar Dorma.
(Rianto Nudiansyah)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: