JUM'AT, 7 OKTOBER 2016

BALIKPAPAN---Sedikitnya 150 Konverter Kit siap dipasang ke kendaraan dinas, sesuai program pemerintah pusat melalui Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan. Pemasangan tersebut ditargetkan akan selesai 20 hari ke depan.


Kabag ekonomi Sekdakot Arzaedi Rahman menjelaskan sesuai dengan DIPA Kementerian ESDM tahun ini Pemkot mendapatkan bantuan 150 konverter kit untuk kendaraan dinas Pemkot. Dan dalam hal ini pemerintah kota membantu percepatan impelementasi penggunaan BBG di kota Balikpapan.

"Pemasangan ini sesuai dengab jadwal yang dibuat. Kita bantu percepatan pelaksanaan program BBG ini. Semua kontraktor pelaksana dari pusat," paparnya kepada media, Jumat (7/10/2016).

Disebutkannya, hingga kini sudah 16 unit namun belum dilakukan pengisian gas. Dan ditargetkan pemasangan akan selesai 20 hari ke depan.

Menurut Arzaedi, setelah berjalan pada operasional tentu saja penggunaan BBG sangat hemat penggunaan BBM dari segi keuangan. Tak hanya itu BBG juga lebih ramah lingkungan.

"Kalo irit sama saja tapi kalau hitungan ekonomis ini sama seperti BBM 1 liter bisa 20 km, pakai Gas juga 1 kg bisa 20 km.  tapi pembiayaan lebih murah per kg harganya  Rp3100. Tabung itu full Rp45 ribu dengan kapasitas bisa menampung 145 kg gas. Jadi 45 ribu bisa sampai jarak 185  kilometer. Dibandingkan pakai Premium hemat 180 ribu jadi memang irit banget dari sisi keuangan," imbuhnya.

Untuk diketahui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas di Balikpapan terdapat tiga SPBG, dan lokasinya dua berada di Balikpapan Utara, sisanya di kawasan Balikpapan Selatan.

Jurnalis : Ferry Cahyanti / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Ferry Cahyanti
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: