SABTU, 1 OKTOBER 2016

JAYAPURA --- Lomba cerdas cermat Pancasila yang berlangsung dua hari sejak kemarin 30 September hingga hari ini, Sabtu (01/10/2016) menyisakan tiga sekolah dari 15 sekolah yang bertarung dilomba tersebut.


Peserta yang mengikuti lomba ini masing-masing telah dibagi tiga kelompok yakni kelompok 1 terdiri dari SMA YPK Betlehem Arso 1, SMA Negeri 2 Skanto, SMA Tegasa Arso Kota, MA Persiapan Negeri Koya Barat dan SMA Katolik Arso 14.

Kelompok 2 terdiri dari SMA Negeri 4 Arso, SMK Negeri 6 Jayapura, SMA Negeri 6 Jayapura, SMK Negeri 7 Jayapura, SMK Negeri 1 Keerom Arso 2. Sementara, kelompok 3 terdiri SMK Negeri 5 Jayapura, SMA 2 Yapis Arso 10, SMA Pembangunan 6 Yapis Arso 3, SMA Negeri 1 Swakarsa dan SMK Negeri 4 Jayapura.

Khairul Anam salah satu peserta yang lolos babak penyisihan mengaku gugup saat duduk dihadapan ratusan penonton dari seolah-sekolah lainnya. “Eforianya berbeda saat saya duduk ditempat lomba, karena dipandangi sekolah-sekolah yang siap bersaing dengan kami. Tapi saya yakin bisa hadapi ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dewan juri,” kata Khairul, Sabtu (1/10/2016).

Hal yang sama juga dituturkan Arditya Sukma Wahyudi dari sekolah MA Persiapan Negeri Koya Barat. Ia mengaku persiapan telah dilakukan sejak seminggu lalu bersama rekan-rekannya dengan belajar kelompok untuk memperdalam wawasan berbangsa bernegara. 

“Saya yakin usaha tidak akan mengkhianati hasil” kata Arditya.

Tak hanya itu, Ade Irma rekan Arditya juga mengaku siap bertarung dalam final untuk memperebutkan berikan hasil terbaik kepada sekolahnya. Dirinya tak mempedulikan juara atau tidak, namun ia berkomiten akan mengaplikasikan ke seluruh masyarakat apa itu wawasan berbangsa bernegara.

“Saya dan teman-teman sangat berharap bisa berikan yang terbaik, dalam artian mengimplementasikan hasil dari materi yang telah diberikan bapak TNI ke masyarakat luas” kata Ade Irma.

Dari pantauan langsung Cendana News, pertarungan otak yang dituangkan dalam lomba Cerdas Cermat Pancasila ini berlangsung sengit untuk menaikkan nama sekolah masing-masing dalam hal wawasan kebangsaan yang mereka telah dapat selama duduk di bangku sekolah tingkat SMA maupun SMK.

Sesi pertanyaan dari dewan juri yang terbagi tiga yakni pertanyaan pemahaman berbangsa dan bernegara kepada masing-masing peserta serta pertanyaan lontaran langsung dari dewan juri ke peserta yang ditunjuk bahkan pada babak rebutan, peserta terus berjuang perang kecerdasan dengan cermat.

Peserta dari kelompok 1 yang berhasil keluar sebagai kandidat final adalah Madrasah Aliyah (MA) Persiapan Negeri Koya Barat, Kota Jayapura. Peserta ini berhasil kumpulkan nilai sebanyak 2.200 poin mengalahkan lima sekolah dari Kabupaten Keerom. Sementara kelompok 2, berhasil keluar sebagai kandidat final dari SMA Negeri 6 Jayapura dengan nilai 935 poin. Dan untuk kelompok 3, keluar sebagai kandidat final yakni SMA Yapis Arso 3 Keerom dengan nilai 1.050 poin. 
(Indrayadi T Hatta)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: