KAMIS, 6 OKTOBER 2016

JAYAPURA --- 54 prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI - PNG dari Batalyon Infanteri 122 Tombak Sakti dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya. Kenaikan pangkat ini digelar melalui upacara Korps Raport dan pemasangan tanda pangkat yang baru dilaksanakan di teras negara Indonesia, Skouw perbatasan RI-PNG, Kamis (6/10/2016).


Upacara tersebut dipimpin langsung Komandan Satgas Pamtas Yonif 122/TS, Letnan Kolonel Infanteri Kohir. Dalam arahannya mengatakan, kenaikan pangkat yang dicapai para Perwira, Bintara dan Tamtama ini adalah hasil jerih payah, kerja keras serta dedikasi yang sudah dicurahkan untuk kesatuan dan institusi Angkatan Darat secara umum.

"Upacara kenaikan pangkat kali ini sedikit berbeda dari sebelumnya, hal ini dikarenakan tempat pelaksanaan sengaja dilaksanakan di garis nol Indonesia paling timur dan paling utara. Alasannya adalah tak lain untuk memberikan kebanggaan serta rasa syukur bahwa mereka (prajurit) bisa naik pangkat di daerah operasi pengamanan perbatasan," kata Letkol Inf Kohir.

Dirinya sengaja gelar upacara di titik nol negara RI dan PNG, untuk memberikan kebanggaan kepada seluruh prajurit saya yg naik pangkat periode 1 Oktober 2016 kemarin. 

"Maknanya juga sangat mendalam dan memiliki nilai historis bagi mereka sendiri yaitu pernah naik pangkat di Perbatasan RI-PNG," ujarnya.

Usai upacara kenaikan pangkat, Lettu Ckm Andri salah satu perwira yang naik pangkat mengaku sangat bangga dan terharu dapat mengikuti upacara kenaikan pangkat diteras negara Indonesia.

 "Saya senang dan bangga sekali, baru pertama kali saya naik pangkat di perbatasan RI-PNG karena tidak semua perwira bisa naik pangkat di daerah operasi dan tidak semua perwira yang naik pangkat di daerah operasi bisa dilantik di perbatasan," Kata Lettu Andri.


Hal senada juga disampaikan Pratu Fandi Adzan, dia mengatakan, bangga karena bagi dirinya ini pengalaman pertama naik pangkat, dilaksanakan di daerah operasi dan dilaksanakan di perbatasan dua negara.

"Saya cukup senang dan terharu, karena tadi (upacara) adalah pengalaman naik pangkat saya yang pertama kali setelah saya dilantik jadi Tamtama," kata Pratu Fandi Adzan.

Pelaksanaan upacara yang dihadiri oleh Wadan Satgas Mayor Inf Afid Cahyono beserta Staf Satgas itu berlangsung hikmat dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Dansatgas Yonif 122/Tombak Sakti kepada seluruh prajurit yang naik pangkat.

Sebagai rasa syukur mereka yang naik pangkat, prajurit Yonif 122/TS juga membagikan makanan kepada 50-an warga pelintas batas yang  turut menyaksikan kenaikan pangkat mereka. 
[Indrayadi T Hatta]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: