SABTU, 15 OKTOBER 2016

KAYONG UTARA --- Wilayah Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas. 71 persen wilayah Indonesia  laut. Demikian hal itu dikatakan Presiden RI Joko Widodo.  Ia mengingatkan, peraian di Indonesia harus dijaga.


“Saya ingin mengingatkan kepada kita semuanya bahwa 71 persen Indonesia adalah air, adalah laut. Laut bukan hanya sumber kehidupan dan masa depan kita tapi laut juga menyatukan kurang lebih 17.000 pulau yang kita miliki di Nusantara ini,” kata Jokowi  pada pembukaan acara puncak Sail Selat Karimata di Pantai Pulau Datok, Kabupatan Kayong Utara, Kalimantan Barat, Sabtu, 15 Oktober 2016.

Kata Jokowi, laut bukan memisahkan antara bangsa, laut bukan memisahkan di antara pulau-pulau yang ada, tapi laut justru menjadikan kita terhubung satu dengan yang lain.

“Oleh karena itu, saya gembira pada hari ini juga negara-negara sahabat ikut berpartisipasi dan hadir pada Sail Karimata tahun ini,” ujar Jokowi.

Jokowi mengaku bersyukur, pada acara Sail Selat Karimata di Pantai Pulau Datok, Kabupaten Kayong Utara, dihadiri sejumlah negara tetangga.

“Itu bukan hanya untuk mempererat persahabatan namun juga menunjukkan betapa pentinganya laut bagi kehidupan bangsa-bangsa di dunia, negara-negara di dunia. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada Yang Mulia seluruh Duta Besar, Atase, negara-negara sahabat atas partisipasinya dalam Sail Karimata tahun ini,” kata Jokowi.

Sementara itu berdasarkan pantau di lapangan,ribuan warga Kabupaten Kayong Utara dan daerah lainnya memadati Pantai Pulau Datok itu. Mereka ingin menyaksikan acara itu dari dekat. Namun, dihalau para petugas dari Paspamres.

Jurnalis : Aceng Mukaram / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Aceng Mukaram
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: