JUM'AT, 14 OKTOBER 2016

JAKARTA --- Terkait adanya rencana aksi unjuk rasa dan demontrasi besar-besaran ribuan massa FPI disekitar kawasan Monas dan Gedung Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat yang akan berlangsung pada sekitar pukul 13:00 WIB, aparat kepolsian Polda Metro Jaya menghimbau kepada semua warga masyarakat Ibukota Jakarta, khususnya bagi para pengguna kendaraan bermotor untuk menghindari kawasan Monumen Nasional dan sekitarnya.


Dengan adanya pengumuman atau informasi dari Polda Metro Jaya tersebut, maka PT. Kereta Api Indonesia (KAI) kemudian menghimbau kepada semua calon penumpang Kereta Api (KA) yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan KA jarak Jauh khususnya untuk hari ini, Jumat (14/10/2016) jangan memaksakan berangkat dari Stasiun Jakarta Gambir, namun mereka juga dapat naik dari Stasiun Jakarta Jatinegara.

Sebelumnya khusus untuk keberangkatan KA kelas eksekutif sehari-harinya memang hanya diberangkatkan dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat yang letaknya tidak jauh dari kawasan Monas, Jakarta Pusat. Namun karena mempertimbangkan soal kerawanan dan kemacetan sebagai dampak dari aksi unjuk rasa ribuan massa FPI tersebut, maka khusus untuk keberangkatan hari ini penumpang dapat naik langsung dari Stasiun Jakarta Jantinegara.


PT. KAI memberlakukan kebijakan bahwa semua KA kelas eksekutif yang biasanya hanya berangkat dari Stasiun Jakarta Gambair nantinya semuanya akan Berhenti Luar Biasa (BLB) beberapa menit di Stasiun Jakarta Jatinegera untuk menaikkan penumpang. Kebijakan yang diambil oleh PT. KAI tersebut untuk memberikan kemudahan bagi para penumpang KA yang akan melakukan perjalanan jarak jauh agar tidak terjebak kemacetan di sekitar kawasan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Sapto Hartoyo, Kepala Humas Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta dalam siaran persnya mengatakan "mengantisispasi rencana aksi unjuk rasa Jumat siang di sekitar kawasan Monas, Jakarta Pusat, maka PT. KAI Daop 1 Jakarta memberlakukan kebijakan Berhenti Luar Biasa (BLB) untuk semua KA kelas eksekutif di Stasiun Jakarta Jatinegara, Jakarta Timur, calon penumpang KA tidak perlu memaksakan diri berangkat dari Stasiun Jakarta Gambir, agar tidak terjebak kemacetan yang mengakibatkan ketinggalan kereta" katanya, Jumat pagi (14/10/2016).

Jurnalis : Eko Sulestyono / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Eko Sulestyono
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: