SELASA, 4 OKTOBER 2016

BANDUNG --- Jawa Barat menjadi juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 dengan raihan 531 medali, terdiri dari 217 medali Emas, 157 perak dan 157 perunggu. Perolehan medali terbanyak untuk Jabar disumbangkan atlet-atlet asal Kota Bandung.


Ketua Umum KONI Kota Bandung, Aan Juhana menyampaikan, 343 atletnya mampu mendulang 172 medali. Terdiri dari 63 medali emas, 51 perak dan 58 perunggu.

"Kurang lebih hanya 70 atlet kita yang tidak mendapat mendali, yang lainnya memperloleh," ujar Aan, di kantornya Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (4/10/2016).

Secara pribadi, Aan turut bangga. Sebab sejumlah atletnya yang mentas di PON XIX/2016 hampir seluruhnya binaan asli Kota Kembang. Adapun atlet yang menyumbangkan medali tersebut turun di berbagai nomor, baik perorangan maupun beregu.

"Kita senantiasa melakukan pembinaan, 99,9 persen hasil binaan kita. Mungkin ada 1 atau 2 orang ada perpindahan dan bergabung dengan kita," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan berupaya mengikat atlet yang berprestasi tersebut agar tidak dipinang oleh daerah maupun provinsi lain. Mengingat kejadian seperti itu kerap menimpa atlet-atlet di Kota Kembang yang memiliki potensi.

"Gangguan yang tadi karena iming-iming pemberian bonus dan iming-iming kerjaan. Mudah-mudahan kita bisa secepatnya memberikan bonus di akhir tahun," pungkasnya.

Sementara itu, daerah kedua terbanyak menyumbangkan medali untuk Jabar dibukukan oleh Kabupaten Bogor dengan raihan 34 medali emas, 27 perak dan 25 perunggu.

Sedangkan Kabupaten Bekasi yang notabene penyandang juara umum pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2014 lalu hanya menempati posisi ketiga dalam menyumbangkan medali untuk Jabar. Yaitu dengan torehan 26 medali emas, 11 perak dan 12 perunggu.
[Rianto Nudiansyah]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: