SENIN, 10 OKTOBER 2016

BANDUNG --- Tahun 2017 mendatang, Kota Bandung akan menjalin kerjasama dengan Korea Selatan. Ada beberapa poin yang akan dibahas pada pertemuan itu. Yakni, memfungsikan kembali Sungai Cikapundung, bekerjasama program beasiswa, Masterplan Transportasi, serta hubungan ekonomi dan budaya.


Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, rencananya Walikota Seol, Park Won Soon akan berkunjung ke Kota Kembang awal tahun depan untuk membahas hubungan kerjasama tersebut.

"Jadi Walikota Seol akan datang ke Bandung awal tahun nanti. Ini bagus karena Walikota Seol sangat berpengaruh secara nasional. Banyak Presiden-presiden Korea itu dahulunya Walikota di sana. Jadi kerjasamanya menghidupkan kembali sungai Cikapundung sepanjang satu kilometer, apalagi mereka berpengalaman dan sungai di Korea paling baik sedunia," katanya.

Untuk program kerjasama beasiswa, diperuntukan bagi PNS dan warga Bandung yang ingin melanjutkan sekolah atau kursus di Korea Selatan. "Biayanya ditanggung dari Pemerintah Seoul," ujarnya.

Sedangkan untuk kerjasama masterplan transportasi, akan dibantu oleh tim ahli transportasi dari Korea.  Sementara untuk hubungan ekonomi dan budaya rencananya akan ada Korea Street di Kota Bandung.

"Kita cari dimana nanti penyewa-penyewa bangunan itu adalah pengusaha-pengusaha dari Korea, sehingga bisa hadir hubungan dengan Korea ini jauh lebih baik," ucapnya.

Dengan adanya rencana program Korea Street, diharapkan akan semakin memudahkan Kota Bandung menuju Kota yang mendunia.

"Kota ini kan kota Internasional, siapapun boleh berbisnis sehingga menambah interaksi secara global, jadi lebih baik lah," ujarnya.

Sementara itu, untuk perbaikan sungai Cikapundung dikatakan Emil, sapaan akrabnya, kemungkinan akan mendatangkan tenaga ahli.

"Bukan teknologi tapi insinyurnya saja biar kualitasnya bagus. Mulainya tahun 2017. Sudah dianggarkan sekitar 60 miliar, dananya dari APBN dari Kementrian Kemenpi PR," pungkasnya.
[Rianto Nudiansyah]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: