SENIN, 3 OKTOBER 2016

LAMPUNG --- Hujan deras di wilayah Lampung tidak membatalkan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Polisi Lalu Lintas (Polantas) ke-61 di halaman Mapolres Lampung Selatan. Ratusan peserta upacara yang terdiri dari ratusan personil Polres Lampung Selatan dari beberapa polsek,siswa sekolah, unsur masyarakat, TNI, serta instansi pemerintahan Kabupaten Lampung Selatan dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Lampung Selatan. Peserta upacara yang sempat berada di lapangan akhirnya membubarkan diri setelah hujan semakin deras disertai angin kencang.


Karena hujan deras, upacara HUT Polantas ke-61 tersebut selanjutnya dipindah ke aula Mapolres Lampung Selatan. Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan yang bertindak sebagai inspektur upacara didampingi Kapolres Lampung Selatan AKBP Adi Ferdian Saputra,SIK memimpin upacara yang akhirnya hanya diikuti oleh Forkopimda dan perwakilan instansi di lingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Zainudin Hasan dalam sambutannya mengaku polisi lalulintas saat ini harus mampu meningkatkan pofesionalismenya dalam kemajuan zaman yang terus berkembang dan harus diiringi dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta tata kelola yang baik.

“Saat ini, perkembangan zaman harus membuat polisi harus kreatif,dinamis dan siap memenuhi kebutuhan dan tantangan yang ada dengan meningkatkan kemampuan dalam era digital dan sistem berbasis online," ungkap Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan dalam sambutannya sekaligus membacakan arahan dari Kapolri di HUT Polantas ke-61 di Mapolres Lampung Selatan,Senin (3/10/2016).



Zainudin Hasan mengaku tugas polisi lalulintas sangat berat di lapangan sehingga pembekalan SDM harus terus dikembangkan. Selain mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Polisi Lalu Lintas (Polantas), ia juga mengharapkan Polantas senantisa meningkatkan sosialisasi pentingnya berkendara di jalan raya. Terutama pada pengendara roda dua sebab selama ini pengendara roda dua mendominasi jalan raya dan banyak melakukan pelanggaran.

“Saya harap kegiatan ini menjadi spirit Polantas dalam memberikan informasi pentingnya berkendaraan terutama di kota Kalianda yang masih merupakan kota kecil,” kata Zainudin.

Sebab, hingga kini masih banyak pengendara yang tidak mematuhi aturan dalam berkendaraan salah satunya pelanggaran tidak memakai helm. “Sekarang yang banyak melanggar adalah roda dua, terutama anak-anak tanpa membawa SIM dan kelengkapan lain dan tak hanya kendaraan roda dua tapi aturan juga harus diikuti oleh pengendara kendaraan roda empat,” tambahnya.



Oleh karena itu ia meminta agar sosialisasi dilakukan ke sekolah-sekolah, dengan melibatkan guru, orang tua dan tokoh masyarakat. Selain itu infrastruktur jalan yang baik diharapkan mampu memberikan keselamatan bagi pengguna jalan dan meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas.

Selain peringatan upacara tersebut, rangkaian HUT Polantas ke-61 juga diisi dengan penyematan pita pelopor keselamatan berlalulintas dan pembagian helm bagi para tukang ojek yang ada di Lampung Selatan terutama yang bekerja di wilayah Kota Kalianda. Selain penyematan pita pelopor keselamatan berlalulintas meski dalam suasana hujan secara simbolis peringatan HUT Polantas ke-61 diikuti dengan pelepasan ratusan balon oleh Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan dan Kapolres Lampung Selatan AKBP Adi Ferdian Saputra. (Henk Widi)
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: