SABTU, 1 OKTOBER 2016
  
SUMENEP --- Akibat mengalami kebocoran dibagian belakang Kapal Motor (KM) Nagoya karam di perairan Pulau Sepudi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada Jumat (30/9/2016) sore. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, pasalnya dari 14 Anak Buah Kapal (ABK) yang berada di kapal tersebut berhasil diselamatkan oleh warga daerah setempat yang sedang menangkap ikan.

Kapal Motor (KM) Nagoya karam (Sumber Foto : Istimewa) 
Kapal yang mengalami kebocoran dibagian belakang itu berangkat dari Pelabuhan Tanjung Wangi, Kabupaten Banyuwangi sekitar pukul 05.00 WIB menuju Kabupaten Lamongan guna melakukan doking kapal, namun belum setengah perjalanan kapal tersebut mengalami kebocoran. Para Anak Buah Kapal (ABK) yang ada langsung memperbaiki, tetapi sayang kerusakan tersebut tidak bisa diperbaiki, akibatnya bagian belakang kapal hampir tenggelam, sehingga mereka menyelamatkan diri yang dibantu oleh para nelayan setempat.

“Kapal itu di tengah perjalanan tepatnya lintang bujur LT 07o 09 500s / 114o 16 500E, perairan Sepudi lk 2 mil dari pulau Sepudi terjadi kebocoran kamar mesin. Itupun sempat dilakukan upaya perbaikan, tetapi tidak bisa. Selanjutnya pada pukul 15.00 WIB, sebagian ABK turun di selamatkan perahu nelayan daerah setempat,” kata AKBP H. Joseph Ananta Pinora S.I.K, M.Si, Kapolres Kabupaten Sumenep, Sabtu (1/10/2016).


Disebutkan, bahwa seluruh Anak Buah Kapal (ABK) yang sudah bocor diselamatkan oleh salah seorang nelayan bernama Mashuda, warga Desa Gayam, Kepulauan Sepudi. Kemudian para korban dibawa menggunakan perahu dan sekoci milik kapal itu hingga tiba di darat sekitar pukul 17.45 WIB. Setelah tiba di darat warga yang telah menolong korban melaporkan kepada aparat Kepolisian Sektor (Polsek) setempat.

“Kapal itu bagian belakang sudah tenggelam sekitar 30 persen akibat bocor. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa,” jelasnya.

Sampai saat ini seluruh Anak Buah Kapal (ABK) di amankan di rumah warga dalam keadaan selamat. 

Inilah daftar nama Anak Buah Kapal (ABK) yang tenggelam di perairan Pulau Sepudi.
1. Sodiq ( Nahkoda )  
2. Saipul ( Mualim 1)  
3.  Mochamad Gandhi ( Mualim 2 )  
4. Agus T ( Masinis 1 )  
5. Donald Daud ( KKM )  
6.  Guruh S. ( Masinis 2 )  
7.  Deni A. ( Markonis )  
8. Ervin EP  ( Juru mudi )  
9. M. Soni Irawan ( Juru mudi )  
10. Nova DR ( Juru mudi ) 
11. Syamsul AR ( Mandor mesin ) 
12. Riski Topan ( Juru minyak )  
13.  MAMYUNI ( Juru minyak )  
14.  Moh. Risqi ( Juru masak ). 

(M. Fahrul)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: