SELASA, 4 OKTOBER 2016

JAKARTA --- Rapat Panitia Kerja (Panja) Badan Anggaran (Banggar) DPR RI dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membahas pokok pokok kebijakan dan alokasi transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2017.


Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani mengatakan, berdasarkan hasil perhitungan dana desa 2017, tedapat sebanyak 74.954 Desa dengan Pagu 60 Millar yang akan dialokasikan secara bertahap.

"Kebijakan ini untuk mengupayakan peningkatan anggaran dana desa secara bertahap guna memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 sesuai dengan kemampuan keuangan negara,"kata Askolani dalam Rapat Panja di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Selasa, (4/10/2016).

Kebijakan alokasi ini, jelas dia, berdasarkan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah dan tingkat kesulitan geografis desa dengan memperhatikan aspek pemerataan dan keadilan.

Askolani menjelaskan, agar mengonsolidasikan anggaran transfer ke daerah dan dana desa sejalan dengan anggaran Kementerian/lembaga dalam APBN 2017, kepala desa setempat semestinya Lebih meningkatkan kualitas penggunaan dengan memperbaiki mekanisme penyaluran dan ketentuan penggunaan, serta pelaksanaan monitoring dan evaluasi dana desa tersebut.

"Hal ini juga untuk memperkuat implementasi nawacita dari poin ketiga yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat pembangunan daerah dan desa dalam kerangka NKRI dan pelaksanaan desentralisasi fiskal," Tandasnya

Pemerintah dalam hal ini, sambungnya, juga sedang memperbaiki pengalokasian dan optimalisasi pengguna dana desa melalui perbaikan dan penggunaan dana bagi hasil (DBH).

Lanjutnya, baik dari perbaikan bobot alokasi dasar atau bobot variabel yang digunakan, maupun dalam perhitungan dana alokasi umum (DAU) dengan mempertimbangkan pengalihan kewenangan dari kabupaten kota ke provinsi.

"Jadi, Pemerintah Pusat memperbaiki pemerataan kemampuan keuangan antar daerah dan wilayah guna untuk mempercepat pencapaian prioritas nasional," katanya.
[Adista Pattisahusiwa]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: