RABU, 5 OKTOBER 2016

MALANG---Untuk kesekian kalinya Unit Aktivitas Kerohanian Hindu Dharma (UNIKAHIDA) Universitas Barawijaya (UB) mengadakan kegiatan donor darah sebagai salah satu rangkaian sekaligus acara pembuka dari Bulan Ulang Tahun (BUT) UNIKAHIDA ke-22. Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kota Malang, aksi donor darah tersebut di gelar di Gazebo UB mulai pukul 08.00-13.00 WIB, Selasa (3/10/2016).


"Kegiatan donor darah ini sudah menjadi agenda rutin yang selalu diadakan setiap kali UNIKAHIDA berulang tahun," jelas Gita Asrianti, Bendahara BUT.

Menurutnya, tujuan diadakannya donor darah adalah sebagai wujud kepedulian sosial mereka untuk membantu sesama sekaligus membantu PMI untuk mengumpulkan darah.


"Meskipun tidak memberikan bantuan dalam hal materi, kami berharap sekantong darah dari para pendonor ini bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain,"ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam aksi donor darah kali ini mereka menargetkan dapat mengumpulkan 90 kantong darah. Peserta donor bisa berasal dari mahasiswa, dosen, karyawan UB maupun masyarakat umum yang rela mendonorkan darahnya dan memenuhi kriteria sebagai pendonor.

Disebutkan, dari sekian banyak pendaftar yang ingin menjadi pendonor, namun tidak semuanya bisa memenuhi kriteria sebagai pendonor darah. Mereka harus terlebih dulu mengisi form yang berisi beberapa pertanyaan dan juga harus lolos pemeriksaan dari pihak PMI.


"Tidak semua pendaftar bisa lolos menjadi pendonor. Kebanyakan mereka yang tidak lolos dikarenakan berat badan, tekanan darah maupun hemoglobinnya tidak sesuai dengan kriterian sebagai pendonor,"ungkapnya. Ia menambahkan, selain itu kondisi kesehatan calon pendonor pada hari itu juga menjadi salah satu syarat lolos tidaknya seseorang menjadi pendonor.

Sementara itu, Gita juga menyampaikan bahwa selain donor darah, dalam rangkaian BUT UNIKAHIDA 2016 juga akan diadakan berbagai perlombaan antar angkatan, Futsal se-Kota Malang terbuka dan acara puncaknya ada pada tanggal 20 November 2016 mendatang.

Jurnalis : Agus Nurchaliq / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Agus Nurchaliq
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: