RABU, 19 OKTOBER 2016

SOLO --- Warga Dusun Ngumpeng, Desa Bangsri, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu pagi digegerkan dengan adanya penemuan bayi mungil di atas bak mobil. Bayi berjenis kelamin perempuan itu diduga dibuang orang tuanya.


“Awalnya saya hanya mendengar suara tangisan seperti anak kucing, setelah saya cek ternyata sosok bayi yang dibungkus selimut,” ucap Sutarmi, pemilik rumah yang di bak mabilnya ditemukan bayi mungil tersebut, kepada awak media, Rabu siang (19/10/2016).

Dikatakan Sutarmi, bayi tak bedosa itu ditemukan sekitar pukul 07.30 Wib, saat itu dirinya  tengah bersih-bersih rumah dengan menyapu halaman. Temuan itu pun langsung dilaporkan ke Polsek Karangpandan.

“Saya tidak tahu kalau ada bayi di bak mobil yang biasa untuk mengangkut kayu bakar di halaman rumah. Baru tau setelah mendengar suara tangisan bayi tersebut,” urainya.

Perempuan 47 tahun itu sempat curiga, karena sebelum subuh ada gerak-gerik seseorang yang menggunakan sepeda motor di sekitar rumahnya. Namun Sutarmi tidak curiga sampai akhirnya menemukan bayi yang diperkirakan baru dilahirkan sekitar beberapa jam sebelumnya itu.

“Setelah subuh sekitar pukul lima pagi saya biasa keluar rumah untuk bersih-bersih. Nah saat itu ada seorang laki-laki yang begitu saya keluar dirinya langsung pergi,” terang Sutarmi.

Oleh kepolisian Polsek Karangpandan, bayi malang tersebut dibawa ke Puskesmas. Lantaran kondisi bayi dengan jenis kelamin perempuan itu terlahir prematur dan kondisi berat badan kurang ideal, akhirnya dibawa ke RSUD Karanganyar, untuk mendapat perawatan.

“Bayi dibawa ke RSUD sekitar pukul 9 pagi, setelah kita cek ternyata memang bayi itu lahir secara prematur dan beratnya pun dibawah standar bayi normal,” kata petugas pelayanan medis RSUD Karanganyar, Atik Pujihastuti saat ditemui Cendana News.


Bayi perempuan itu memiliki panjang 39 centimeter, dan berat badan hanya satu kilogram. Karena masuk dalam bayi beresiko tinggi, pihak rumah sakit dalam pengawasan dan perawatan intensif di Bangsal Dahlia RSUD Karanganyar.

“Diperkirakan bayi itu dilahirkan sekitar 3-4 jam sebelum ditemukan. Ini melihat kondisi bayi dengan kulitnya dan ari-arinya yang masih basah,” pungkasnya.
Jurnalis : Harun Alrosid / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Harun Alrosid

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: