JUM'AT, 14 OKTOBER 2016

JAKARTA --- Bintan Resort bekerjasama dengan Adventure Singapore dan Firefly Connections melakukan kolaborasi dalam penyelenggaraan acara Bintan Moon Run 2016 yang akan berlangsung di kawasan Lagoi Bay, Bintan Resort, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia, pada 2 Desember 2016 mendatang.


Jumpa pers peluncuran Bintan Moon Run dilakukan bersamaan dengan peluncuran Bintan Reebok Spartan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kemenpar RI, kamis (13/10/2016).

Bagi Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar RI) penyelenggaraan olahraga lari malam hari di pinggiran danau buatan kawasan Lagoi Bay yang digabungkan dengan rekreasi dan hiburan musik festival ini merupakan event perdana sebagai upaya menarik kunjungan wasatawan mancanegara (wisman) utamanya dari Singapura saat memasuki musim libur akhir tahun (year end) tahun 2016.

Pemilik Firefly Connections, Lyndon Yeo mengatakan, kompetisi lari di malam hari ini untuk pertama kali, dan dikolaborasikan dengan Soundscape Music Festival dimana para peserta maupun keluarga dan teman-teman mereka serta pengunjung umum lainnya yang tidak mengikuti kompetisi lari diajak untuk bergabung dalam acara rekreasi dan pesta konser musik Soundscape.

Konser musik yang tidak menggunakan tiket masuk atau gratis tersebut dapat dinikmati oleh para peserta maupun pengunjung lainnya dengan penampilan grup band ternama dari dalam dan luar negeri antara lain; Noah, The Angel Percussion, Don't Ask Me Why, serta dua DJ ternama dari indonesia dan inggris yakni Winky Wiryawan dan Yasmin Zarine.


" Moon Run bukan hanya sekedar kompetisi lari pada umumnya namun akan memberikan suasana berbeda bagi para peserta lari dan sekaligus pengalaman rekreasi bagi keluarga dan teman dengan nuansa malam hari di pinggiran danau dihiasi cahaya bulan," jelas Lyndon Yeo lagi.

Moon Run melombakan lari 10 kilometer sprint untuk peserta dewasa dan 1,3 kilometer untuk peserta anak-anak akan berlangsung pada 3 Desember 2016. Rute 10 kilometer sprint sangat cocok untuk diikuti bagi atlit dari berbagai level yang baru mencoba kompetisi atau pertama kali ataupun yang telah rutin mengikuti ajang lomba.

Untuk pendaftaran telah dibuka secara online melalui website (www.bintanmoonrun.com), dan peserta dewasa yang membawa keluarga diajak juga untuk mengikutsertakan serta mendaftarkan anak-anak mereka dalam kompetisi untuk kategori anak-anak.

Bagi Kemenpar RI, acara Bintan Moon Run 2016 kembali memiliki tujuan demi mengejar target kunjungan wisata dari wisman sebanyak 2,6 juta orang dari 12 juta wisman sebagai target nasional.

" Kemenpar RI melebarkan sayap usaha menutup target wisman dengan mengadakan acara wisata olahraga berskala internasional. Dan Bintan Moon Run dengan Bintan Reebok Spartan adalah dua event sport tourism yang kami adakan
dengan selang waktu satu bulan agar dapat lebih meneguhkan posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia," jelas Sekretaris Kemenpar RI, Drs.Ukus Kuswara,MM dalam jumpa pers, kamis (13/10/2016).

Sejatinya, acara Bintan Moon Run diperuntukkan menjaring wisman dari negara tetangga yakni Singapura. Ada sedikit kekhawatiran bahwa ketegangan antara pemerintah indonesia dan pemerintah singapura terkait kebijakan Tax Amnesty indonesia akan mengganggu raupan kunjungan wisman dalam Bintan Moon Run 2016.

Kekhawatiran ini ditepis Bupati Bintan, Apri Sujadi dengan mengatakan tidak ada masalah politik yang akan mengganggu keinginan manusia untuk melakukan wisata terutama merayakan akhir tahun di Pulau Bintan yang sudah sangat dikenal memiliki pemandangan laut luar biasa karena menghadap langsung ke laut cina selatan. Pemerintah kabupaten Bintan dengan positif dan bersemangat sekali menyambut penyelenggaraan event Bintan Moon Run  2016 dalam rangka menarik kunjungan wisatawan ke Bintan khususnya wisatawan asal singapura.

" Bagaimana tidak senang dan semangat, sudah sejak lama Bintan merupakan destinasi andalan dalam meraih kunjungan wisman dengan wisatawan dari singapura sebagai pasar utama. Jadi tidak ada kekhawatiran apapun karena semua pasti sukses, mari berfikir positif dan terus bekerja," tambah Apri Sujadi.

Senada dengan Bupati Bintan, maka Kadispar Kabupaten Bintan, Luki Prawira yakin event Bintan Moon Run 2016 berjalan lancar dengan pencapaian yang diinginkan bersama dari sisi kunjungan wisman khususnya wisman asal singapura.

Target kunjungan wisman sebanyak 2,6 juta orang wisatawan dengan sebagian besar berasal dari satu negara yaitu Singapura sepertinya bukan hal mudah untuk dilakukan. Tapi satu hal yang harus dicermati dengan baik oleh pihak penyelenggara bersinergi dengan pihak terkait lainnya termasuk Kemenpar RI bahwa kemasan acara serta promosi secara maksimum adalah kunci sukses penyelenggaraan Bintan Moon Run 2016.

Dan tanpa disadari, konsep memadukan antara olahraga dengan liburan akhir tahun adalah salah satu kemasan yang cerdas sekaligus cerdik. Sekarang tinggal menemukan formula promosi yang bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Bintan maupun menarik minat atlit untuk berwisata sambil berkompetisi di Bintan.
Jurnalis : Miechell Koagouw / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Miechell Koagouw
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: