JUM'AT, 14 OKTOBER 2016

JAKARTA --- Konferensi pers peluncuran event 'Bintan Reebok Spartan' di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kemenpar RI, kamis (13/10/2016) adalah selain untuk program kunjungan wisatawan ke indonesia juga terbersit sebagai usaha lebih memperkenalkan olahraga Spartan itu sendiri kepada masyarakat indonesia khususnya masyarakat Bintan sebagai salah satu destinasi wisata olahraga spektakuler.


Olahraga Spartan yang dijadikan salah satu daya tarik dalam usaha pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke indonesia merupakan ajang pertandingan aral rintang terbaik di dunia serta adalah yang pertama dari jenis pertandingan peraih peringkat global. Event olahraga ini sudah diselenggarakan di 25 negara dengan total lebih dari 170 event.

Tahun 2016 ini, Spartan akan memiliki lebih dari 1 juta peserta global. Dengan hampir 5 juta pengikut di media sosial, kesehatan dan produk kesehatan, serta serial televisi NBC populer, pertandingan Spartan telah menggabungkan olahraga pertandingan aral rintang dan life style untuk kemudian berkembang dengan cepat di dunia. Pertandingan Spartan memiliki balapan di tiga jarak yaitu; Sprint, Super, dan Beast, yang berpuncak setiap tahun di Kejuaraan Dunia Reebok Spartan Race.

Sebagai olahraga yang memadukan pertandingan aral rintang dan life style maka Spartan terus menunjukkan perkembangan yang cukup pesat. Ditambah lagi pemenang dari setiap seri kejuaraan Spartan di setiap negara nantinya akan bersaing untuk mendapatkan point menuju Spartan World Championship (Kejuaraan Dunia Spartan).


Dimulai dengan lari marathon melintasi alam perbukitan maupun ladang atau perkebunan, hutan, pantai, setiap peserta lomba harus pula melewati rintangan-rintangan penuh tantangan yang memacu adrenalin seperti; rock climbing, panjat tali, merangkak diatas lumpur layaknya latihan seorang militer, serta banyak lagi rintangan menantang lainnya.

Layaknya kumpulan pasukan Sparta gagah berani pantang mundur dengan mobilitas tinggi tanpa kenal lelah(spartan), maka setiap atlit Spartan dituntut mengeluarkan segenap kemampuan diri masing-masing bahkan seringkali melewati batas kemampuan mereka sebagai seorang manusia. Inilah daya tarik olahraga Spartan yang berhasil menarik minat setiap manusia dari seluruh penjuru dunia.

Mediacorp sebagai pemegang brand Spartan Singapura juga bertindak sebagai organizer untuk 'Bintan Reebok Spartan' yang diselenggarakan di Pulau Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Indonesia.

Mediacorp memiliki jangkauan platform media terluas di Singapura mencakup digital, televisi, radio, cetak dan out-of-home media yang misinya adalah untuk terlibat, menghibur serta memperkaya penonton dengan memanfaatkan kekuatan kreativitas.

Mediacorp mempelopori pengembangan industri penyiaran Singapura, mulai dari siaran radio pada tahun 1936 dan siaran televisi pada tahun 1963. Saat ini, Mediacorp memiliki lebih dari 50 produk dan merk dalam empat bahasa (inggris, mandarin, melayu, tamil), serta menjangkau hampir semua orang dewasa di Singapura setiap minggunya.

Mediacorp adalah pemain regional aktif melalui Channel NewsAsia Internasional, drama produksi bersama dan kolaborasi dalam penerbitan majalah dan media online. Mediacorp termasuk memiliki saham mayoritas di jaringan Kapanlagi, sebuah media digital independen terbesar di indonesia dan di game digital publisher Malaysia Cubinet Interaktif.

" Kami juga memiliki saham di Reebonz, salah satu retailer online untuk penjualan produk mewah di wilayah Asia, dan kerjasama Televisi International Vietnam. Kami juga mendapat gelar sebagai Terrestrial Broadcaster of the Year untuk yang ke-12 kalinya di ajang penghargaan Televisi Asia tahun 2015," terang Head/VP of Business & Operations Mediacorp Publishing Pte.Ltd. Lesley Ngai Ma Yin, di Jakarta.

" Dengan reputasi kami, maka 'Bintan Reebok Spartan' di Indonesia akan menjadi suguhan istimewa," lanjutnya lagi.

Penyelenggaraan 'Bintan Reebok Spartan' 2016 menjadi istimewa karena untuk pelaksanaan seri ke-3 ini dibuat kategori yang disebut 'Spartan Beast', dengan rute yang panjang sekaligus menjadi yang pertama kali dilakukan dalam rangkaian seri Singapura.

'Spartan Beast' tidak hanya menjadi ujian atau tes ketahanan fisik, kesabaran, dan keberanian, namun juga keuletan. Kategori 'Spartan Beast' harus diikuti peserta dengan jarak tempuh 21 kilometer dan dipenuhi dengan 35 macam tantangan aral rintang memacu adrenalin sebagai akhir yang mesti dilalui dan diselesaikan untuk menuju Seri Spartan Singapore Trifecta.

Khusus untuk Spartan Sprint memiliki jarak tempuh 6 kilometer dengan total 20 jenis aral rintang. Kategori pendek ini lebih cocok diikuti oleh atlet dari semua tingkatan stamina maupun pemula, sebagai ajang eksplorasi rute dan medan pertandingan.

" Bintan Reebok Spartan memiliki aroma persaingan yang semakin ketat dan penuh tantangan yang memacu adrenalin," pungkas Lesley Ngai.

Pesan yang ditangkap dari penyelenggaraan Spartan Race di indonesia ini adalah bahwa Pemerintah indonesia khususnya Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar RI) coba melakukan terobosan bahwa tidak semua kegiatan olahraga ekstrim atau kegiatan olahraga yang memacu adrenalin itu hanya bisa membuat penonton menahan nafas saja, akan tetapi kegiatan olahraga memacu adrenalin jika dikemas dengan baik akan menjadi pundi-pundi devisa negara dari sektor pariwisata.

Jurnalis : Miechell Koagouw / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Miechell Koagouw
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: