SABTU, 1 OKTOBER 2016

PONOROGO --- Budaya Warok yang terkenal di Ponorogo oleh seorang pria ternyata juga bisa dilakukan oleh seorang wanita. Hal ini dibuktikan saat pertunjukan dari Paguyuban Sabdo Warok Ponorogo di Pendopo Ponorogo, Jumat (30/9/2016) malam.


Sebelum melakukan pertunjukan, puluhan anggota paguyuban melakukan ritual. Pertunjukan pun dimulai dari warok wanita yang menarik mobil dengan menggunakan rambut sejauh 200 meter di sekitar halaman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo.

Ketua Paguyuban Sabdo Warok Ponorogo, Purnomo menjelaskan kegiatan ini selain untuk membuktikan bahwa warok juga bisa dilakukan oleh seorang wanita namun juga untuk memeriahkan acara Grebeg Suro.


"Kita ingin memberitahukan masyarakat bahwa warok bukan hanya cerita namun memang benar ada," jelasnya saat ditemui Cendana News di lokasi.

Menurutnya, setelah dilakukan ritual penonton pun juga bisa ikut terlibat langsung saat melakukan aksi ekstrim menginjak pecahan kaca tanpa menggunakan alas kaki.

"Penonton pun kalau ingin mencoba menginjak pecahan kaca juga bisa," ujarnya.


Anggota paguyuban, Eka Harnawa menambahkan sebagai orang Jawa harus mau melestarikan budaya Jawa. Karena budaya warok Ponorogo saat ini hampir punah.

"Kalau bukan kita generasi muda yang melanjutkan siapa lagi," cakapnya.

Eka menegaskan pesan yang terkandung kepada masyarakat agar terus melestarikan budaya warok. "Tidak hanya laki-laki, wanita pun juga bisa dibuktikan saat pertunjukkan tadi," pungkasnya. (Charolin Pebrianti)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: