SABTU, 1 OKTOBER 2016

BANDUNG --- Jam terbangnya di dunia seni teater terbilang cukup tinggi. Bahkan, beberapa panggung besar pernah dicobanya.


Adalah Andy Agus, seniman teater asal Cimahi ini kini mulai fokus memperkenalkan teater di kalangan pelajar. Semenjak pulang kampung sehabis melaksanakan aktivitas berkesenian di Jakarta, dia kini lebih banyak mengajar dibeberapa sekolah di Kota Cimahi.

Menurut Andy, potensi generasi muda di Cimahi cukup tinggi. Namun minimnya wadah berkreasi bagi mereka membuat perkembangan dunia teater di Kota ini tidak berkembang pesat. Atas dasar itulah Andy mulai melirik kalangan pelajar dan generasi muda lainnya.

”Sejak pulang kampung ke Cimahi, saya sekarang mencoba melatih teater di beberapa sekolah baik SMP maupun SMA, selain menyalurkan kecintaan saya kepada teater, juga agar generasi muda bisa menggandrungi teater” katanya, kemarin.

Lulusan Institut Kesenian (IKJ) Jakarta 1982 ini mengaku sangat menginginkan kegiatan teter bisa digandrungi generasi muda. Baginya, kegiatan ini dinilai bisa mencegah pergaulan negatif di kalangan pelajar. 

”Berteater juga mengajarkan untuk hidup damai, sehingga generasi muda tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang negatif seperti tawuran atau kenakalan remaja lainnya” katanya.

Lebih lanjut, ia meyakini berteater juga melatih seseorang untuk mengenal beraneka ragam watak dan karakter manusia. ”Saya harapkan generasi muda bisa mencintai teater, karenanya pihak-pihak yang berkepentingan seperti seniman, sekolah dan pemerintah bisa mendorong ke arah itu” pungkas Andy.
(Rianto Nudiansyah)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: