SELASA, 11 OKTOEBR 2016

JAKARTA --- Koordinator tim pemenangan Ahok untuk wilayah Jakarta Barat (Jakbar) Darmadi Durianto mengakui adanya penurunan tingkat kepuasan warga DKI Jakarta pada calon gubernur yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.


Namun, kata darmadi, tingkat kepuasan tersebut, bisa disiasati dengan berbagai strategi yang akan dilakukan parpol pengusung Ahok yakni Golkar, PDIP, NasDem, Dan Hanura untuk kembali menaikkan citra positif Ahok dimata publik Jakarta.

" Jika mampu menerapkan Breakthrough Strategy, Maka Ahok Djarot bisa menang bahkan satu putaran," Ungkap Darmadi di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Selasa, (11/10/2016).

Dirinya mengakui hingga saat ini tingkat kepercayaan publik DKI Jakarta cenderung menurun terhadap Ahok ditengah gencarnya berbagai isu isu yang ditujukan pada petahana.

Untuk itu, menurutnya, semestinya perlu treatmen khusus untuk meraih kembali simpati publik Jakarta.

"Secara trend Ahok-Djarot menurun. makanya butuh program revitalisasi yakni suatu proses atau cara dan perbuatan untuk menghidupkan kembali elektabilita tersebut," Imbuhnya

Untuk diketahui, dalam berbagai survei dari 3 Pasangan Kandidat Gubernur DKI Jakarta, elektabilitas Ahok mengalami tren penurunan yang cukup signifikan.

Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi) melakukan survei mengenai tren pemilih di Jakarta. Dari hasil survei tersebut, penduduk Jakarta merupakan tipikal warga yang membuka kesempatan besar bagi orang baru untuk memimpin Ibu Kota.

Dari hasil survei, 82 persen dari publik Jakarta yakin bahwa calon alternatif bisa mengalahkan petahana. Selain itu, 50 persen pemilih di Jakarta belum mantap menentukan pilihannya.

hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI), elektabilitas Ahok menurun. Salah satu faktor penyebabnya adalah persoalan reklamasi dan penggusuran. Elektabilitas ketiga pasangan tersebut, yaitu Ahok-Djarot 31,4 persen, Anies Baswedan-Sandiaga Uno 21,1 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni 19,3 persen. LSI bahkan memprediksi Ahok bisa tumbang dalam Pilgub DKI Jakarta 2017.

Jurnalis : Adista Pattisahusiwa / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Adista Pattisahusiwa
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: