JUMAT, 7 OKTOBER 2016

BALIKPAPAN --- Paca penetapan sebagai desa wisata, warga yang berada di kawasan Gunung Binjai, Kelurahan Teritip melakukan berbagai kegiatan pendukung, diantaranya penanaman tanaman yang produktif itu yakni tanaman apotik hidup dan makanan seperti singkong dan ubi.

Menurut Lurah Teritip, Asih Joko Suyono, di kawasan Kelurahan Teritip masih banyak lahan yang belum tergarap. Dan jika lahan yang berada dipekarangan rumah sendiri dimanfaatkan menanam tanaman yang produktif akan sangat menjanjikan.

"Disini masing-masing pekarangan rumahnya sudah ditanami tanaman obat-obatan tradisional dan lainnya. Tak hanya tanaman apotik hidup, seperti di RT 14 ada yang tanam singkong ini sangat menjanjikan," terangnya, Jumat (7/10/2016).

Asih mengatakan, yang dilakukan warga dalam mengelola tanah perkarangan merupakan contoh kecil yang bisa dilakukan di rumah masing-masing. Hal itu dilakukan tentunya untuk mendukung program desa wisata yang sudah berjalan.

"Saat ini kami terus memonitoring perkembangan lingkungan Teritip dan masukan warga dalam mengembangkan desa wisata," ucapnya.

Untuk diketahui, beberapa hari yang lalu dikawasan Gunung Binjai Kelurahan Teritip ini warga sekitar bersama ibu-ibu PKK dilantik membatik untuk mengasah keterampilan kerajinan membatik. Dan ke depannya bisa menjadi kampung batik, selain sebagai desa wisata.
[Ferry Cahyanti]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: