SABTU, 15 OKTOBER 2016

BANDUNG --- Diguyur hujan, Pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat tetap berlangsung meriah di Stadion Siliwangi, Jalan Lombok, Kota Bandung, Sabtu (15/10/2016) Sore. Ribuan pengunjung termasuk pelajar Sudah memadati lokasi sejak siang hari.


Dimulai dengan penyulutan api Peparnas oleh atlet paralimpic nasional lalu dilanjutkan oleh gempitanya pertunjukan kembang api khusus siang hari. Dilengkapi pula dengan pementasan seni kolosal yang diperagakan 100 pemusik, 50 penyanyi dan 400 penari. Diantara mereka ada pula 200 siswa berkebutuhan khusus dari 48 Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Bandung Raya.

Pada kesempatan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrowi berharap Peparnas XV bisa dijadikan pemantapan atlet guna mendongkrak nama negara di hajat olahraga internasional.

"Kami berharap, Leparnas ke 15 ini jadikan awalan yang baik menuju Sea Games di Malaysia, Asian Paragames, jadikan ini menjadi semangat," ujar Imam dalam sambutannya.

Ia mendoakan setiap kontingen bisa sukses meraih prestasi yang terbaik. Dikatakan, keterbatasan bukan halangan untuk mendulang hasil yang terbaik.

"Mereka juga sama-sama bermimpi dan bertekad ingin mengibarkan Bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di hadapan negara-negara lain," ungkapnya.

Ia juga menegaskan atlet Peparnas memiliki hak yang sama dalam membawa harum bangsa, tak terkecuali lewat olahraga. Karena itu, dengan segala keterbatasannya tidak boleh dianggap remeh.

"Mereka juga sama-sama berjuang untuk negara, jadi jangan dipandang sebelah mata," paparnya.

Tak melulu soal prestasi. Peparnas XV juga merupakan ajang silaturahmi antara atlet di setiap provinsi. 

"Jadikanlah Peparnas ini sebagai ajang silaturahmi, mengukur semangat dan menantap masa depan," pungkasnya.

Diketahui, pada Peparnas XV akan mempertandingkan 13 cabang olahraga dengan 605 nomor pertandingan. Dengan demikian akan diperebutkan 605 medali emas, 605 medali perak, dan 935 medali perunggu.

Adapun cabang olah raga yang dipertandingkan yakni Bola Voli Duduk, Catur, Goalball, Sepakbola CP 5 Slide, Tenis Lapangan Kursi Roda, Tenis Meja, Tenpin Bowling, Atletik, Bulutangkis, Judo, Panahan, Renang, dan Angkat Berat.
[Rianto Nudiansyah]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: