SELASA, 11 OKTOBER 2016

SAMPANG --- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menyediakan sebanyak lima posko kesehatan keliling untuk melayani masyarakat yang menjadi korban banjir agar kebutuhan pelayanan medis yang mereka perlukan dapat terpenuhi. Pasalnya dalam kondisi yang sangat tidak memungkinkan tersebut tidak menutup kemungkinan pelayanan medis sangat dibutuhkan, sehingga tim yang diterjunkan tersebut menggunakan cara menjemput bola yang terjun langsung ke masyarakat.


Setiap posko yang menggunakan mobil dari dinas terkait terdiri seorang dokter dan beberapa perawat, sehingga ketika dibutuhkan masyarakat dalam pelayanan kesehatan, mereka sudah siap memberikan pelayanan dengan baik. Karena di posko itulah juga tersedia berbagai peralatan medis maupun obat-obatan yang akan dibutuhkan oleh masyarakat dampak bencana banjir, sehingga apabila warga membutuhkan pelayanan kesehatan tidak perlu lagi datang ke rumah sakit.

“Jadi kami telah menurunkan lima tim posko kesehatan keliling untuk memenuhi kebutuhan warga dalam pelayanan kesehatan. Maka masyarakat tidak lagi kesulitan ketika membutuhkan layanan medis, karena tim kami ini mendatangi langsung ke rumah warga yang menjadi korban banjir,” kata dr Firman Pria Abadi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaqbupaten Sampang, Selasa (11/10/2016).


Disebutkan, bahwa tim kesehatan tersebut siap melayani kapanpun ketika dibutuhkan oleh masyarakat selama 24 jam. Sehingga masyarakat yang menjadi korban banjir akan menjadi prioritas dalam memberikan pelayanan kesehatan, agar beban yang mereka alami selama kondisi bencana banjir berlangsung lebih ringan, sebab tidak menutup kemungkinan banyak warga yang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Maka dari lima tim posko kesehatan keliling yang kita turunkan itu didampingi sebanyak enam orang dokter, jadi kami ini menggunakan sistem jemput bola dengan cara mendatangi korban bencana banjir yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Apabila dalam kondisi suasana banjir nanti kedapatan warga yang sedang terserang penyakit, pihaknya dengan cepat akan mendatangi dan memberikan pelayanan medis, supaya penyakit yang mereka derita tidak berkepanjangan.

Jurnalis : M. Fahrul / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : M. Fahrul
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: