SENIN, 17 OKTOBER 2016

JAKARTA --- Komisi VII DPR bersama Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan (LHK) akhirnya menyepakati draft RUU Tentang Perubahan Iklim untuk dijadikan UU. Langkah ini sebagai kesepakatan Indonesia saat konferensi perubahan iklim atau COP (Conference of Parties) 21 di Paris, Prancis yang digelar akhir 2015 lalu.


Dalam pembahasan tersebut, seluruh fraksi Komisi VII DPR RI menyetujui RUU Perubahan Iklim tersebut untuk dibawa dalam pembahasan tingkat dua.

Menteri LHK, Siti Nurbaya menyampaikan apresiasi pendapat akhir mini Fraksi Komisi VII atas pengambilan keputusan dan penandatanganan RUU tentang Pengesahan Paris Agreement to The United Nations Framework Convention on Climate Change (Persetujuan Paris atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa Bangsa mengenai Perubahan Iklim).

"Kami mewakili Pemerintah menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi untuk Komisi VII yang telah membahas RUU ini secara maraton, sangat intensif dan komprehensif,"kata Siti dalam Raker, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin, (17/10/2016).

Siti memaparkan, dalam rangkaian rapat kerja, RDP serta pendapat akhir mini fraksi komisi VII, Kementerian LHK telah mencatat berbagai masukan, memperhatikan secara serius untuk menindaklanjuti, terkait kesadaran, penguatan kelembagaan, kukungan pendanaan dan peraturan perundang-undangan serta pemantauan dan evaluasi yang sangat berharga sebagai penyempurnaan berbagai kegiatan strategi program dan kegiatan penanganan perubahan iklim di masa mendatang serta dengan prinsip akuntabilitas, transparansi senantiasa menjaga kepentingan nasional.

"Jadi, dengan pengambilan keputusan mini fraksi, kita berharap Amanat UUD 1945 Pasal 28 dapat lebih sistematis diaktualisasikan, dengan adanya kesadaran akan ancaman dari dampak negatif perubahan iklim pengandalian perubahan iklim merupakan salah satu agenda prioritas untuk diberhentikan,"paparnya.

Jurnalis : Adista Pattisahusiwa / Editor : ME. Bijo Dirajo / Foto : Adista Pattisahusiwa
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: