SENIN, 10 OKTOBER 2016

BALIKPAPAN---DPRD bersama Pemerintah Kota Balikpapan Hari ini (10/10) tetapkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) Sanitasi kota Balikpapan, setelah masa pembuatan perda yang memakan waktu dua tahun. Pembuatan Perda sanitasi ini merupakan inisiatif dewan sendiri. Pendatanganan dilakukan Ketua DPRD Abdulloh dan Walikota Rizal Effendi didampingi Wakil Walikota Rahmad Mas'ud dan Wakil Ketua DPRD Syarifuddin Odang dan Sabaruddin, di ruang rapat Paripurna DPRD Balikpapan, Senin siang (10/10).


Dalam pidatonya Wali kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan dengan telah ditetapkan perda sanitasi ini maka pengelolaan sanitasi dikota Balikpapan harus lebih baik. Dan pemerintah akan mengatur pengelolaan sanitasi di lingkungan masyarakat menjadi lingkungan yang lebih sehat.

"Pengelolaan sanitasi bisa berbasis kelembagaan melibatkan BUMN, BUMD dan perusda. Lainnya bisa berbasis pemukiman masyarakat yang melibatkan masyarakat. Dalam hal ini pemerintah sebagai fasilitator," ungkapnya.

Rizal menjelaskan dengan perda sanitasi pemerintah akan mengatur sanitasi limbah domestik. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan sanitasi yang sehat yakni dengan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berperilaku hidup sehat.

"Setelah perda ini ditetapkan nantinya akan dikeluarkan perwali kemudian akan dilakukan sosialisasi dan penyuluhan bagaimana pengelolaan sanitasi," bebernya.

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Suryanto menerangkan perda sanitasi ini merupakan inisiatif dewan dan sangat mengapresiasi sekali. Meski pembahasannya memakan waktu dua tahun lamanya.

"Tindak lanjut dari perda ini maka pemerintah dan masyarakat sudah punya dasa menjadikan lingkungan kita lebih baik. Coba kita lihat masih ada daerah pemukiman kumuh yang buang sampah langsung ke laut, mati kita bersihkan," tandasnya.

Surayanto menambahkan dengan dasat ini maka SKPD bisa melakukan pengelolaan sanitasi dan mengajak masyarakat lebih baik dalam berperilaku hidup sehat.

Jurnalis : Ferry Cahyanti / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Ferry Cahyanti
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: