KAMIS, 6 OKTOBER 2016

MAUMERE --- Drama perjuangan pahlawan asal Kabupaten Sikka, Teka Iku, saat bersama masyarakat di wilayah timur Maumere berjuang mengusir penjajah yang dibawakan siswa-siswi SMK Yohanes XXIII dan SMK Bina Maritim memukau undangan dan peserta upacara HUT RI ke-71 di lapangan kantor bupati Sikka. (Berita foto : Drama Perjuangan Pahlawan Tika Iku Melawan Penjajah).


Drama yang juga disertai dengan tarian tersebut memperlihatkan bagaimana Moang Teka menolak titah penjajah Belanda yang mewajibkan masyarakat membayar pajak dengan kelapa.Meski ditangkap,perjuangan Tek Iku menginspirasi masyarakat melakukan perlawanan.

Selain drama,juga ditampilkan tarian kolosal Gemu Famire yang dibawakan oleh ibu-ibu isteri dari para prajurit Kodim 1603 Sikka,Lanal Maumere serta Polres Sikka.Dalam menarikannya,semua peserta mengenakan pakaian TNI dan Polisi.


Upacara peringatan HUT TNI ke-71 di Sikka berlangsung sederhana dan diawali dengan upacara bendera tepat pukul 08.00 WITA di lapangan kantor bupati Sikka.Bertindak selaku inspektur upacara,Dandim 1603/Sikka Letkol Inf.Abdullah Jamali,SIP 

Panglima TNI dalam amanatnya seperti dibacakan Dandim Sikka meminta agar segenap aparat TNI meningkatkan keimanan dan ketakwaaan kepada Tuhan YME serta menjunjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa.


Tugas Prajurit TNI sangat berkaitan langsung dengan tegaknya/ runtuhnya Negara dan Bangsa oleh karena itu Panglima TNI meminta segenap anggita memegang teguh disiplin keparajuritan dengan berpedoman Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

Panglima Tni juga meminta agar membina solidaritas satuan tegakan rantai komando dan manrapkan rantai komando,selalu hadir di tengah anggota dan masyarakat serta mengikuti pelaksanaan pilkada serentak di seluruh Indonesia dengan berpedoman pada netralitas TNI.


Tampak hadir mengikuti upacara,personil Kodim 1603 Sikka,Lanal Maumere,TNI AU,Brimob Maumere,Polres Sikka,Satpol PP Sikka,para PNS,Pramuka serta SMK Bina Maritim Maumere.

Tamu undangan yang hadir dalam kegiatan ini,Wadanlanal Maumere,Letkol Laut (P) Wensiuslaus Kapo,Kapolres Sikka AKBP I Made Kusuma Jaya,SH,SIK,wakil bupati Sikka,Drs.Paolus Nong Susar,Kajari Maumere Martiul SH,Komandan Brimob Maumere,ketua PN Maumere,Sekda Sikka serta pimpinan SKPD lingkup Pemkab Sikka.


Acara ditutup dengan penyerahan hadiah kepada juara lomba cipta lagu mars dan vokal grup,juara volly serta aneka perlombaan lainnya yang sudah digelar sebelumnya.Juga penyerahan tumpeng oleh Dandim Sikka kepada prajurit TNI termuda.




Jurnalis : Ebed De Rosary / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Ebed De Rosary

Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: