SABTU, 8 OKTOBER 2016

SURABAYA --- Front Pancasila Jawa Timur yang bekerjasama dengan Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) beserta Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah Jawa Timur, hari ini sabtu (8/10/2016) mengadakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan lomba pidato bertempat di Balai Pemuda Surabaya. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan lanjutan yang sebelumnya telah dilakukan yakni tanggal (1/10/2016) dengan agenda upacara dan sarasehan. 


Kegiatan lomba pidato yang dilaksanakan hari ini mengambil tema "Mempertahankan Dasar Negara dan NKRI dari Ancaman Bangkitnya PKI." 

Menurut keterangan Ketua Penanggungjawab acara tersebut, Drs. Arukat Djaswadi saat diwawancarai eksklusif dengan cendananews menjelaskan bahwa kegiatan perlombaan pidato seperti ini telah rutin dilakukan tiap tahun. "Lomba pidato kali ini merupakan lomba yang ke 13," tuturnya.


Lebih lanjut, Arukat menjelaskan, lomba pidato untuk tahun 2016 ini diikuti kurang lebih 44 SMA/SMK sederajad yang negeri maupun swasta. Dan 70% berasal dari luar daerah Surabaya. Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk membentengi generasi-generasi muda melalui jalan pendidikan dari masuknya paham-paham komunis. 


"Antusiasme peserta lomba setiap tahunnya mengalami peningkatan, baik kualitas maupun kuantitas," terangnya. 

Harapan terbesar, lanjut Arukat, kegiatan semacam ini bisa dilakukan dalam taraf nasional. Artinya, bisa dilaksanakan bukan hanya di Jawa Timur melainkan seluruh daerah-daerah lain di Indonesia.


Kendala yang dihadapi, Arukat menerangkan lebih lanjut, belum bisa terlaksananya kegiatan semacam ini di daerah lain karena adanya perbedaan pendapat antar ormas-ormas. 

"Ormas-ormas itu kan ada yang galak, ada yang moderat, ada yang merah, dan masih banyak lagi," tutupnya.

Jurnalis : Nanang Wp / Editor : Rayvan Lesilolo / Foto : Nanang Wp
Bagikan:

Rayvan Lesilolo

Berikan Komentar: