MINGGU, 2 OKTOBER 2016

BOGOR --- Wakil Ketua Komisi IV DPR RI ,Siti Hediati Soeharto atau akrab disapa Titiek Soeharto Acara Pelantikan Pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor di Tajur Halang, Kabupaten Bogor, 1 Oktober 2016 menyebutkan, sebagai negara dengan jumlah penduduk keempat terbesar di dunia, cukup wajar kalau swasembada pangan menjadi fokus perhatian kebijakan pemerintah.


Target swasembada dari ketiga komoditas tersebut menjadi penting dalam rangka pemenuhan kebutuhan nasional dengan mengedepankan produksi dalam negeri.

" Namun begitu, sebagai negara agraris dengan tanah yang begitu subur bangsa Indonesia saat ini menghadapi kenyataan pahit bahwa masih melakukan import beras, jagung, kedelai, gula, bahkan garam juga. Seharusnya Indonesia yang kaya akan komoditas pangan dan tenaga kerja tidak perlu mengimpor berbagai komoditas pangan," tegas Titiek Soeharto di Bogor.

Pada dasarnya, peningkatan kesejahteraan petani merupakan sasaran akhir dari pembangunan pertanian secara menyeluruh. Dalam upaya peningkatan pendapatan petani, tidak saja melalui peningkatan produktivitas hasil pertaniannya tapi juga melalui produktivitas per petani (masing-masing petani).

"Agar tujuan tersebut tercapai maka perlu dilakukan terobosan manajemen usahatani agar pengelolaan usahatani menjadi lebih efisien," lanjut Titiek Soeharto lagi.


Apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dijabarkan satu per satu oleh Titiek Soeharto sebagai berikut :

1. Perlindungan terhadap petani melalui penyediaan dan penyempurnaan sistem penyaluran subsidi input.

2. Pemberdayaan petani melalui penguatan kelembagaan pertanian.

3. Memberikan kesempatan kepada petani dalam mengembangkan usaha di bidang pengolahan hasil pertaniannya sehingga memberikan tambahan penghasilan bagi petani.

" Oleh karena itulah maka saya canangkan mari tingkatkan produksi Pajale (Padi, Jagung, dan Kedele) dan tolak import dari semua komoditas pangan dengan menjalankan tiga cara yang sudah saya kemukakan di atas. Dan kami dari Komisi IV DPR RI akan membuat semua itu terwujud dengan lebih memberdayakan petani Indonesia itu sendiri," pungkas Titiek Soeharto.
[Miechell Koagouw]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: